Makanan Indonesia yang Sepertinya Lebih Cocok Dimakan Ketika Malam Hari
Makanan Indonesia yang Sepertinya Lebih Cocok Dimakan Ketika Malam Hari

Kalau lapar tengah malam, makanan berikut ini bisa jadi solusi pemadam kelaparan. Murah, enak dan mudah didapat.

Kalau lapar tengah malam, makanan berikut ini bisa jadi solusi pemadam kelaparan. Murah, enak dan mudah didapat.

Meskipun sebagian besar makanan cocok dikonsumsi kapan saja, namun faktanya ada beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi pada waktu tertentu saja. Misalnya bubur ayam, nasi pecel, nasi uduk, dan sebagainya cocok untuk disajikan ketika sarapan, sedangkan ketoprak, rujak, gado-gado, dan sejenisnya lebih cocok untuk disajikan ketika makan siang. Lalu, apa saja makanan yang cocok disajikan ketika malam hari? Berikut daftarnya.

1.

Nasi Kucing

Makanan yang satu ini bukanlah nasi dengan lauk kucing. Nasi kucing adalah nama makanan khas Jogja yang berupa nasi bungkus dengan isian lauk pauk. Makanan yang satu ini biasanya dijual di angkringan pinggir jalan pada malam hari. Hal yang unik dari nasi kucing ini adalah porsinya yang sedikit dalam satu bungkusnya. Isian nasi kucing ini biasanya hanya ikan teri atau orek tempe. Kemudian lauk lainnya dijual secara terpisah seperti gorengan, sate telur, ati ampela, dan sebagainya.

1.

Martabak

Martabak, baik martabak manis atau asin, merupakan salah satu makanan malam hari yang sangat populer. Siapa yang tidak tergoda dengan pesona martabak dengan isian coklat dan keju yang lumer? Apalagi sekarang martabak sudah tersedia dengan berbagai topping serta ada yang digulung ataupun dibuat pizza martabak. Selain martabak manis, martabak asin atau martabak telur juga menjadi salah satu makanan yang tidak kalah populer. Martabak manis terdiri dari isian telur, daging, dan daun bawang. Dua makanan ini biasanya dijual dalam satu tempat yang sama.

1.

Nasi Goreng

Makanan lain yang juga identik dengan kuliner malam adalah nasi goreng. Makanan yang satu ini mudah didapat di mana saja mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima. Meskipun nasi goreng ini cocok dimakan kapan saja, namun bila dimakan ketika makan malam, rasanya akan lebih lezat. Selain itu, nasi goreng juga menjadi salah satu makanan dengan harga yang murah namun porsinya mengenyangkan.

1.

Mie Instan

Kalau lapar malam hari, makanan yang tidak pernah kalah pesona adalah mie instan. Masakan yang satu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah dan ditambah dengan berbagai bahan seperti sosis, telur, dan sebagainya. Agar mie instan terasa lebih sehat, ENDEUSiast bisa menambahkan sayuran sebagai sumber serat.

1.

Penyetan

Makanan yang satu ini banyak dijual ketika malam hari. Ada banyak jenis penyetan yang bisa dipilih untuk menu makan malam seperti penyetan tahu, tempe, lele, ayam, bebek dan sebagainya. Penyetan selalu hadir dengan sambal penyetan yang pedas. Sambal menjadi salah satu daya tarik utama dari menu penyetan. Makanan ini biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat dan lalapan yang segar.

Endeustorial

Ikuti Instagram