Ada banyak jenis maknana Indonesia yang cocok untuk diet, namun tentunya dengan berbagai catatan

Makanan Indonesia memang banyak yang menggunakan rempah-rempah serta melalui proses memasak yang rumit. Sehingga banyak orang yang beranggapan bila makanan Indonesia kurang cocok untuk dikonsumsi ketika berdiet.

Nyatanya tidak semua makanan Indonesia mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Ada beberapa makanan yang dimasak dengan cara yang simpel dengan bahan dasar sayuran atau daging. Kalau ENDEUSiast sedang berdiet ataupun menerapkan pola makan ‘clean eating’, ENDEUSiast bisa memilih beberapa makanan berikut ini namun dengan catatan ya.

1/ Bakso

Bakso adalah salah satu makanan Indonesia yang termasuk clean food atau makanan yang dimasak dengan bahan dan cara yang alami. Makanan yang satu ini pada dasarnya berbahan dasar daging cincang dengan sedikit tepung tapioca.

Hal ini berarti bakso mengandung protein dan karbohidrat. Bakso memang termasuk makanan yang sehat dengan catatan tidak ada penambahan makanan pendamping seperti gorengan, bakwan, dan bihun. Selain itu, bakso yang digunakan juga harus bakso homemade dan bukan produk dari pabrik.

2/ Sup

Sup ayam yang dimaksud di sini adalah sup yang terbuat dari sayuran misalnya wortel, buncis, kubis, brokoli, dan sebagainya. ENDEUSiast tetap bisa menggunakan ayam ataupun daging yang tanpa lemak sebagai tambahan protein. Yang perlu diperhatikan adalah sup harus dimasak dengan cara direbus dan tidak melalui tahap penggorengan untuk meminimalkan lemak.

Makanan yang satu ini bisa dimakan bersama dengan karbohidrat kompleks seperti oatmeal. Selain itu kuah dalam sup juga membantu merasa kenyang lebih lama meski sebenarnya ENDEUSiast makan dalam porsi yang sedikit.

3/ Sate

Mungkin ENDEUSiast tidak menyangka bila sate juga termasuk salah satu makanan yang direkomendasi untuk diet. Hal ini karena sate dimasak dengan cara dipanggang sehingga kalorinya lebih sedikit.

Satu hal yang membuat sate kurang sehat adalah penggunaan bumbunya karena zat jahat penyebab kegemukan semuanya ada pada bumbu sate. Mulai dari karbohidrat dari kacang, lemak dari minyak, sodium, gula, dan sebagainya.

4/ Gado-gado

Gado-gado juga termasuk salah satu makanan Indonesia yang sehat. Makanan ini bahkan disebut sebagai salad Indonesia. Satu porsi gado-gado terdapat sayuran, protein dari telur atau tahu, dan karbohidrat dari lontong. Sama halnya dengan sate, bumbu pada gado-gado harus diwaspadai karena mengandung kalori yang tinggi.

5/ Tumisan

Tumisan juga termasuk salah satu makanan Indonesia yang termasuk makanan sehat. Makanan yang satu ini dimasak dengan cara ditumis sehingga tidak mengandung banyak kalori.

Agar lebih sehat lagi, ENDEUSiast bisa menggunakan minyak zaitun ataupun minyak canola sebagai pengganti minyak syaur saat membuat tumisan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.