Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Makanan berbahan singkong memang cukup populer di Indonesia. Apakah ENDEUSiast sudah pernah mencicipi makanan berbahan singkong ini?

Singkong adalah salah satu makanan pengganti karbohidrat yang cukup populer di Indonesia. Biasanya singkong diolah menjadi tepung tapioka, namun tidak jarang singkong juga diolah menjadi makanan yang lain. Olahan singkong memang tidak terlalu populer karena banyak makanan lain yang lebih modern dan menarik hati. Padahal makanan berbahan dasar singkong juga tidak kalah lezat dengan makanan kekinian, lho. Berikut ini beberapa makanan dengan bahan dasar singkong yang lezat.

1/ Gatot

Gatot adalah salah satu makanan tradisional yang sudah sangat jarang ditemukan. Makanan yang satu ini terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dikeringkan. Gaplek kemudian direndam hingga kenyal selama beberapa hari dan dikukus hingga matang. Karena sudah melalui proses fermentasi, gaplek mempunyai warna yang hitam meskipun beberapa juga ada yang putih. Tekstur gatot ini kenyal dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan sedikit garam agar rasanya gurih.

2/ Gembus

Gembus adalah salah satu makanan olahan singkong yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Makanan yang satu ini dibuat dari singkong yang sudah diparut dan diambil patinya. Pati singkon ini kemudian dikukus dan dihaluskan menjadi adonan dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Adonan gembus kemudian dibentuk bulat dan dilubangi tengahnya seperti donat. Setelah itu, gembus digoreng hingga matang dan disajikan dengan toping sirup gula merah.

3/ Lemet

Makanan dengan bahan dasar singkong yang lain adalah lemet. Lemet ini dibuat dari singkong yang sudah diparut halus seperti kue kacamata . Singkong parut ini kemudian diuleni dengan kelapa parut dan gula merah hingga lembut. Setelah itu adonan lemet dibungkus dengan daun kelapa dengan bentuk memanjang seperti lontong dan dikukus hingga matang. Tekstur lemet ini kenyal dan rasanya manis gurih.

4/ Tiwul

Tiwul adalah salah satu makanan yang berbahan dasar singkong kering atau gaplek. Berbeda dengan gatot, gaplek untuk tiwul ini dihaluskan hingga menjadi seperti nasi. Kemudian tiwul diolah seperti mengolah nasi dan dinamakan nasi tiwul. Tiwul bisa disajikan dengan parutan kelapa ataupun dengan sayur santan yang pedas.

5/ Sawut

Makanan lain dengan bahan dasar singkong adalah sawut. Makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang sudah diparut kasar dan kemudian dikukus dengan gula merah. Sawut kemudian disajikan dengan parutan kelapa agar lebih gurih. Kalau ENDEUSiast ingin sesuatu yang lebih modern, ENDEUSiast bisa menambahkan parutan keju diatasnya agar rasa sawut menjadi lebih gurih. Tekstur sawut ini kenyal dan manis legit yang pastinya membuat ENDEUSiast ketagihan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.