Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Umumnya junk food tinggi lemak dan gula. Tak heran junk food dapat dikatakan sebagai makanan yang tidak sehat.

Tahukah Kamu kalau junk food tidak sama dengan fast food? Atau junk food selayaknya narkoba , karena dapat menimbulkan ketagihan?

Faktanya, tidak semua fast food adalah junk food. Menurut Jansen Ongko, konsultan gizi, seperti dikutip melalui Detik.com , junk food merupakan sekelompok makanan yang memiliki sedikit gizi, vitamin, dan mineral. Umumnya, makanan jenis ini juga tinggi lemak dan gula. Karenanya, junk food dapat dikatakan sebagai makanan yang tidak sehat.

Nah, fast food atau makanan cepat saji tidak selalu memiliki kriteria tersebut. Ada beberapa makanan yang termasuk dalam golongan fast food tetapi tetap sehat, misalnya salad serta potongan buah yang dijual di supermarket.

Lalu Makanan Apa yang Dikategorikan Sebagai Junk Food?

Menurut World Health Organization (WHO), terdapat beberapa jenis makanan yang termasuk ke dalam daftar junk food, antara lain:

Gorengan. Gorengan adalah makanan yang digoreng, dan mengandung kalori serta minyak yang tinggi. Jangan salah, martabak manis maupun telur, serta donat juga termasuk di dalam kategori junk food, lho.

Makanan kalengan. Daging kalengan, bahkan buah kalengan, termasuk ke dalam junk food karena kandungan gizi dan vitaminnya sudah ada yang rusak. Kandungan protein juga sudah berubah sifat dan nilai gizinya berkurang.

Daging olahan. Contoh daging olahan yang kerap dikonsumsi adalah ham, sosis, nugget, dan lain-lain. Ini mengandung garam rendah nutrisi, pengawet, dan pewarna. Alhasil, risiko terkena kanker lebih tinggi dan hati bekerja lebih keras.

Daging berlemak atau jeroan. Daging yang berlemak dan jeroan mengandung lemak jahat dan kolesterol, yang dapat mengakibatkan masalah jantung. Dan dilansir melalui gadis.co.id , jika jroan dikonsumi dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang panjang, akan mengakibatkan penyakit jantung koroner, tumor ganas, kanker payudara, dan lain-lain.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.