Makan Sayur  = Makan Pelangi Bernutrisi
Makan Sayur = Makan Pelangi Bernutrisi

Isi piringmu dengan ragam sayuran ini supaya gizi tercukupi.

Sayuran memiliki banyak warna layaknya pelangi. Isi piringmu dengan ragam sayuran ini supaya gizi tercukupi.

Buah dan sayuran terbagi menjadi beberapa kategori warna, antara lain: merah, biru-ungu, hijau, putih-coklat dan kuning-jingga. Setiap warna membawa set sendiri mulai dari bahan kimia yang membantu melawan penyakit sampai ke rasa yang unik.

Dalam warna sendiri, kandungan fitokimia inilah yang memberi warna cerah pada buah-buahan dan sayuran dan tentu saja beberapa ‘sifat’ mereka.

1/ MERAH

Buah dan sayuran merah diwarnai oleh pigmen tumbuhan alami yang disebut likopen. Likopen adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi risiko kanker dan menjaga kesehatan jantung kita. Contoh sayur ini misalnya cabai merah, paprika merah, lobak merah dan tomat.

2/ BIRU – UNGU

Antosianin pigmen tanaman adalah warna khas buah-buahan dan sayuran berwarna biru / ungu. Antosianin juga memiliki sifat antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit stroke, penyakit jantung dan kanker. ENDEUSiast bisa menemukannya pada terong ungu, kol ungu.

3/ HIJAU

Sayuran hijau memiliki kandungan fitokimia termasuk saponin, karotenoid dan indol. Kandungan ini memiliki sifat anti kanker. Sayuran hijau adalah sumber folat yang sangat baik bagi tubuh.

4/ PUTIH – COKLAT

Buah-buahan dan sayuran putih memiliki berbagai kandungan fitokimia yang meningkatkan kesehatan seperti allicin (biasa ditemukan dalam bawang putih), yang dikenal karena sifat anti virus dan anti bakteri. Beberapa anggota kelompok kulit putih, seperti pisang dan kentang, juga merupakan sumber kalium yang baik.

5/ KUNING – JINGGA

Karotenoid memberi warna cerah pada kelompok ini. Karotenoid terkenal yang disebut Betacarotene ditemukan dalam ubi, labu, dan wortel. Ini dikonversi menjadi vitamin A, yang membantu menjaga selaput lendir yang sehat dan mata yang sehat. Karotenoid lain yang disebut lutein disimpan dalam mata dan telah ditemukan untuk mencegah katarak dan degenerasi makula terkait usia, yang dapat menyebabkan kebutaan. ENDEUSiast bisa mencoba makan wortel tiap pagi.

Nah, karena kalian sudah tahu, kandungan jenis sayur dengan membaca artikel di atas, tentu ENDEUSiast mau bukan bila piringmu jadi pelangi?

Biarkan Setiap kali anak-anak makan buah dan sayuran yang berwarna-warni, mereka dapat menempatkan warna yang sesuai pada pelangi atau membuat mereka diwarnai di bagian kecil pada pelangi. Ini juga merupakan kegiatan hebat yang dapat dilakukan orang tua dengan anak-anak mereka di rumah.

Nah, coba resep sayur di sini yuk!

Endeustorial

Ikuti Instagram