Di Indonesia, ikan diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Berikut ini beberapa olahan ikan paling favorit di Indonesia.

Ikan adalah salah satu makanan favorit di Indonesia. Bahan makanan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat dan menggugah selera. Hampir semua orang menyukai olahan ikan ini dari anak-anak hingga dewasa. Sebenarnya mengolah ikan sangat mudah karena pada dasarnya ikan mudah matang dan sudah mengandung rasa gurih alami. Berikut ini adalah beberapa olaha ikan yang paling favorit di Indonesia.

1/ Ikan Bakar

Ikan bakar adalah salah satu olahan ikan yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua ikan bisa diolah dengan cara dibakar. Teknik membakar ikan memberikan smoky flavour yang lezat. Ikan bakar biasanya menggunakan bumbu kecap yang memberikan rasa manis legit. Selain dibakar, beberapa ikan juga diolah dengan cara diasap.

Meskipun sekilas terlihat sama, namun ikan asap mempunyai tekstur yang lebih kering dan lebih tahan lama. Selain itu, ikan asap mempunyai ‘rasa gosong’ atau smoky flavour yang lebih tajam daripada ikan bakar.

2/ Ikan Goreng

Salah satu olahan ikan yang paling digemari adalah ikan goreng. Semua jenis ikan bisa diolah dengan cara digoreng. Cara paling mudah menggoreng ikan adalah dengan memarinasi ikan dalam bumbu ketumbar dan bawang putih selama beberapa saat dan kemudian goreng dalam minyak yang panas.

Olahan ikan goreng lainnya adalah goreng krispi yang dibalut dengan tepung atau tepung roti. Ikan yang cocok untuk olahan ini adalah ikan fillet atau ikan yang sudah dipisahkan dari durinya.

3/ Pepes Ikan

Olahan ikan yang juga banyak digemari adalah pepes ikan. Pepes adalah salah satu metode memasak ikan dengan dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus hingga matang. Pepes ikan ini menggunakan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai, tomat, dan lainnya. Beberapa orang menambahkan kemangi dan tomat hijau sehingga pepes menjadi lebih harum.

4/ Ikan Bumbu Dan Kuah

Selain dibakar, goreng, dan pepes, ikan juga diolah dengan bumbu menjadi stew dan masakan berkuah. Biasanya ikan dimasak dengan bumbu dasar merah seperti balado, bumbu rujak, dan sebagainya. Untuk olahan ikan kuah, biasanya dimasak dengan bumbu gulai ataupun diolah menjadi sup ikan.

5/ Ikan Presto

Ikan presto adalah salah satu olahan ikan yang banyak digemari. Olahan ikan yang satu ini khusus digunakan untuk ikan bandeng karena mempunyai banyak duri. Ikan yang sudah dibumbui kemudian dimasak dengan tekanan tinggi sehingga duri di dalamnya menjadi lunak. Banyak orang menyukai olahan ikan presto ini karena tidak perlu ribet memilah daging dan duri ikan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.