Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sajian Seafood mantap untuk diolah di atas grill atau arang, apa saja seafood yang paling cocok untuk hidangan barbeque?

Selain daging dan sosis, seafood juga bisa menjadi salah satu alternatif bahan barbeque. Seafood mempunyai rasa yang gurih dan manis alami dan sangat cocok diolah dengan cara dipanggang. Selain itu, seafood juga mudah matang sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dipanggang. Salah satu faktor yang menentukan kelezatan seafood panggang adalah bumbu dan jenis seafood itu sendiri. Seafood harus dalam keadaan yang segar agar rasanya tidak amis. Jenis seafood yang digunakan untuk barbeque juga tidak sembarangan. Berikut ini beberapa jenis seafood yang cocok digunakan untuk barbeque.

1/ Udang

Udang adalah salah satu seafood yang populer untuk barbeque. Agar lebih mudah, gunakan udang yang berukuran besar seperti udang jerbung, galah, atau windu. Udang untuk barbeque tidak perlu dikupas terlebih dahulu kulitnya. Cukup potong sungut yang runcing dan juga kaki-kakinya, kemudian belah punggung udang untuk membersihkan kotoran. Tusuk udang yang sudah dibersihkan dengan tusuk sate dan bumbui udang sebelum dibakar.

2/ Ikan

Ikan juga cocok dijadikan sebagai menu barbeque. Gunakan ikan dengan daging yang tebal seperti bawal, kuwe, baronang, atau kakap. Pilih ikan yang segar agar tidak amis dan badan ikan utuh ketika dipanggang. Buang sisik dan isi perut ikan kemudian kerat-kerat agar bumbu marinasi bisa meresap. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu dengan campuran garam, bawang putih, dan jeruk nipis. Bisa juga menggunakan bumbu kuning ataupun saus kecap dan rendam ikan selama 15-20 menit sebelum dipanggang.

3/ Cumi-cumi

Sate cumi-cumi adalah salah satu menu seafood barbeque yang populer. Memasak cumi panggang memang sedikit tricky karena bila terlalu lama dipanggang, cumi bisa keras. Salah satu cara agar cumi tidak alot adalah dengan merendam cumi dengan putih telur yang sudah dikocok hingga berbusa. Diamkan cumi dalam putih telur selama 1 jam sebelum dibakar.

4/ Lobster

Selain udang, lobster juga merupakan salah satu seafood yang populer untuk menu barbeque. Meskipun harganya lebih mahal, namun penikmat seafood barbeque tidak ragu memilih lobster. Berbeda dengan seafood lain, lobster perlu direndam sebentar dalam air mendidih. Kemudian belah melintang badan lobster menjadi dua bagian. Olesi bagian daging lobster yang akan dibakar dengan bawang putih dan mentega. Kemudian panggang lobster hingga kulit lobster berwarna kemerahan dan dagingnya mulai mengeluarkan air.

5/ Kerang

Kerang juga bisa dijadikan menu seafood barbeque. ENDEUSiast bisa menggunakan kerang dengan ukuran besar seperti kerang simping, kerang hijau atau scallop agar mudah saat dibakar. Sebelumnya bersihkan dahulu dengan sikat cangkang kerang hingga bersih kemudian tata di atas grill . Bakar hingga cangkang kerang terbuka dan lumuri daging kerang dengan bumbu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.