Sate merupakan makanan khas Indonesia yang popular di dunia. Ada banyak jenis sate yang memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan daerah asalnya.

Memiliki tekstur juicy dan sedikit garing dibagian luarnya menjadikan sate makanan favorit semua orang. Bahkan banyak turis mancanegara yang menjadikan sate makanan wajib ketika berkunjung ke Indonesia. Sate masuk dalam jajaran makanan terlezat urutan ke 14 versi World's 50 most delicious foods.

Tapi tahukah ENDEUSiast bahwa ada banyak sekali jenis sate berdasarkan dari daerah asalnya dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Daripada penasaran tentang macam-macam sate khas Indonesia, mari kita pembahasannya dibawah ini.

1/ Sate Padang

Sajian sate yang satu ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. Sate padang menggunakan jeroan kambing atau sapi yang telah dibumbui lalu direbus dan dipanggang. Sate khas Sumatera Barat ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan saus kental berwarna kuning. Saus ini terbuat kaldu jeroan yang dicampur dengan tepung beras, kunyit, jahe, lengkuas, bubuk kari, bawang putih dan garam.

Sebagai pelengkapnya, sate padang biasa dinikmati bersama ketupat dan keripik singkong pedas. ENDEUSiast juga bisa membuatnya dirumah dengan meliha resep sate padang .

2/ Sate Klathak

Sate yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki keunikan dari namanya. Diberi nama klatkhak karena berdasarkan suara dari sate tersebut pada saat dibakar.

Cita rasa pada sate klathak juga berbeda dengan sate yang lain karena bumbu yang digunakan hanya garam dan merica saja. Penggunaan tusuk besi pada sate ini juga menjadi ciri khas tersendiri. Alasannya adalah agar sate dapat matang dan bumbu menyerap dengan sempurna.

3/ Sate Madura

Sate Madura bisa dibilang sate yang paling popular di Indonesia. Sekalipun berasal dari Madura tapi sate ini bisa ENDEUSiast temukan hampir di seluruh Indonesia. Bahan daging yang digunakan biasanya menggunakan daging ayam atau daging kambing. Saus yang dipakai pun tergantung dari daging satenya.

Untuk sate ayam biasa disajikan dengan saus bumbu kacang manis sedangkan untuk sate kambing disajikan dengan saus kecap manis yang ditambah dengan irisan cabai rawit dan bawang merah.

4/ Sate Lilit Bali

Sate yang berasal dari Pulau Dewata Bali ini menggunakan beragam jenis daging seperti daging sate diantaranya daging babi, kambing, ayam atau ikan. Sate lilit memiliki keunikan tersendiri dari sate lainnya. Sesuai namanya, daging cincang yang telah dibumbui akan dililit pada batang sereh. Sate khas Bali ini menjadi favorit para turis mancanegara yang sedang berlibur disana.

Ternyata Indonesia memiliki beragam sate dengan ciri khasnya masing-masing ya. Meskipun nampak sederhana namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Apalagi jika bahan yang digunakan masih segar. Dari ke 4 sate tersebut manakah yang mau ENDEUSiast coba? Semoga ENDEUSiast suka ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.