Liwetan, Nikmatnya Makan Bersama Orang-orang Terdekat
Liwetan, Nikmatnya Makan Bersama Orang-orang Terdekat

Quality time bersama orang terdekat dengan cara makan bersama adalah yang paling nikmat.

Liwetan mungkin udah nggak asing lagi bagi kita. Cara makan bersama-sama yang bisa membuat momen bareng teman atau keluarga menjadi lebih akrab lagi.

Indonesia punya banyak banget budaya. Termasuk budaya dalam menyantap makanan. Tanpa piring dan hanya dilapisi oleh daun pisang, nasi dan berbagai macam lauk yang bercampur di atasnya, siap untuk disantap oleh semua peserta makan bersama. Jangan lupa, makannya itu pakai tangan tanpa sendok dan garpu biar lebih nikmat.

Salah satu daerah yang gemar melakukan liwetan adalah dari Sunda. Makanya nggak heran kalo banyak lauk-lauk yang disediakan merupakan makanan khas Sunda. Seperti misalnya ayam goreng, ikan goreng, tempe, tahu, sayur asam, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah kerupuk pastinya.

Dikutip dari Travel.kompas.com , Prapto Yuono, seorang dosen sastra jawa di Universitas Indonesia, mengatakan bahwa tradisi makan dengan makanan yang disusun memanjang ini merupakan salah satu variasi dari slametan. Hal ini mendapat pengaruh dari agama Islam, sehingga pesantren-pesantren di daerah Jawa banyak yang mengaplikasikannya.

Hal ini nggak terlepas dari pengaruh orang Arab yang berada di pulau Jawa. Karena seperti yang kita tau, kebiasaan atau budaya makan di Arab adalah makan bersama dengan melingkari makanannya. Makannya pun kebanyakan pakai tangan. Jadi budaya ini secara nggak langsung “menular” ke masyarakat Indonesia. Makanya budaya ini cukup kental di masyarakat Jawa dan di lingkungan pesantren.

Seiring berjalannya waktu, liwetan mulai menyebar dan hingga kini cukup digemari oleh berbagai kalangan. Bukan hanya di kalangan pesantren aja. Menariknya udah banyak restoran atau layanan catering yang khusus menyediakan liwetan. Beberapa artis Ibu Kota juga ada yang menjajal bisnis ini.

Untuk liwetan yang kekinian, bukan sekadar mengumpulkan berbagai lauk dan nasi menjadi satu. Tapi disusun dan diatur juga agar tampilannya lebih baik dan Instagramable.

Yang paling pas itu makan liwet bersama-sama saat makan siang. Bisa bersama teman-teman kantor, atau juga saat kumpul keluarga.

Kalo kamu, apa menu yang menjadi favoritmu ketika makan liwetan? Yuk bagikan bersama Endeus melalui akun media sosial Endeus.

Lion Haloho