Liquor Untuk Dessert Italia
Liquor Untuk Dessert Italia

Selain rasa, aroma liquor juga meningkatkan kualitas dari dessert itu sendiri.

Dessert Italia biasanya menggunakan liquor sebagai pelengkap. Selain rasa, aroma liquor juga meningkatkan kualitas dari dessert itu sendiri.

Liquor memang jadi pelengkap dalam pembuatan beberapa dessert luar negeri, bukan hanya Italia. Mulai dari makanan mainstream seperti es krim dan puding, hingga makanan mewah seperti cake, mousse, cheesecake dan sebagainya.

Namun, minuman keras Italia memiliki tempat istimewa dalam budaya dan masakan negara tersebut. Banyak jenis minuman keras didasarkan pada resep kuno yang pernah dibuat orang di rumah mereka, menggunakan bahan-bahan handmade. Nah, daftar minuman keras dan alkohol Italia ini biasanya dapat dinikmati dan jadi campuran dessert mereka.

1/ Amaro

Amaro yang sedikit pahit, adalah minuman yang sudah berumur. Disajikan sebagai makanan penutup atau bersama kopi. Awalnya dibuat oleh biksu untuk tujuan pengobatan, sekarang Amaro dibuat dan dikonsumsi di seluruh Italia. Amaro digunakan sebagai bahan pembuatan chocolate cake, gelato dan lainnya.

2/ Amaretto

Minuman keras almond yang terkenal ini adalah bahan makanan penutup dan koktail yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Minuman alkohol dengan rasa manis, berwarna gelap yang dibuat dengan bahan yang bervariasi. Amaretto tradisional memiliki rasa manis, tapi merek Disaronno membuat Averna yaitu Amaretto versi Sisilia yang lebih pahit. Amaretto digunakan dalam pembuatan dessert seperti Tiramisu, mousse, dan lainnya.

3/ Anisette

Anisette lebih ramah rasanya. Minuman keras yang mudah dibuat dan lebih manis daripada sepupunya Sambuca dan biasanya disajikan dengan air dingin untuk mencairkannya. Anise memiliki khasiat seperti obat dengan membantu batuk dan sakit tenggorokan. Anisette digunakan dalam pembuatan dessert seperti Biscotti , cookies, pudding dan lainnya

4/ Campari

Pahit dan berwarna merah cerah, minuman ini yang paling sering disajikan sebagai minuman beralkohol dengan tonik atau sebagai bagian dari koktail Negroni. Ini juga dapat disajikan di atas es sendiri, atau sebagai bagian dari anggur putih. Ada 60 bahan di Campari, termasuk kulit jeruk, bergamot, rhubarb, ginseng, dan herbal. Campari digunakan dalam pembuatan dessert seperti cannoli, panna cota , dan lainnya.

5/ Frangelico

Diakui di seluruh dunia dengan botolnya yang khas, Frangelico yang beraroma kemiri adalah tambahan lezat untuk kopi atau espresso. Dibuat dari hazelnut, kakao, kopi, vanilla, alkohol, gula, berbagai ramuan Italia, dan ekstrak alami, di kota Canale di Piemontese. Frangelico digunakan dalam pembuatan dessert seperti Affogato, mousse, dan lainnya.

6/ Limoncello

Rasanya cerah seperti sinar matahari. Disajikan dingin dengan es dan minuman ini menawarkan rasa lemon yang menyegarkan, Limoncello adalah minuman keras musim panas yang ideal. Limoncello sering dikaitkan dengan Pantai Amalfi seperti Sorrento, di mana lemon (bahan utamanya) tumbuh besar dan berlimpah disana. Limoncello digunakan dalam pembuatan dessert seperti pie/tart, cookies, dan lainnya.

7/ Martini

Semua orang tahu koktail favorit James Bond. Terlepas dari koktail gin/vodka vermouth dengan nama yang sama, Martini adalah salah satu merek terbesar di Italia. Ini adalah Vermouth asli, tersedia dalam banyak gaya termasuk rosso (merah, manis), bianco (putih, manis), dan ekstra kering (putih). Martini digunakan dalam pembuatan dessert seperti panna cota, mousse, dan lainnya.

8/ Sambuca

Sepupu Anisette, Sambuca dibuat dengan menyuling Annise. Merek-merek terkenal Sambuca termasuk Molinari, Sambuca di Amore, Sambuca Dei Cesari, dan Sambuca Ramazzotti. Ada Sambuca Hitam, tetapi Sambuca putih paling umum dikonsumsi. Sambuca digunakan dalam pembuatan dessert seperti cake, mousse dan pudding.

Endeustorial

Ikuti Instagram