Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Merebaknya virus corona membuat masyarakat menjadi lebih “melek” untuk bentengi diri dengan vitamin. Tapi ada dampak negatifnya juga kalau berlebih.

Melindungi diri dengan meningkatkan imunitas tubuh dinilai menjadi salah satu cara untuk mencegah terkenanya virus corona selain tetap #dirumahaja dengan melakukan social distancing . Lalu bagaimana cara meningkatkan imunitas? Ada berbagai cara, tapi yang paling banyak dilakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin C.

Untuk itu banyak orang yang terbilang ugal-ugalan dalam mengonsumsinya. Segala sesuatu yang mengandung vitamin C langsung dimakan. Padahal kebanyakan vitamin C juga nggak baik untuk tubuh loh.

Vitamin C sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk badan kita. Seperti misalnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan. Ternyata penyakit seperti batuk dan pilek bisa sembuh dengan mencukupi kebutuhan vitamin C.

Selain itu bisa juga sebagai antioksidan yang mampu mengeluarkan racun-racun di tubuh. Juga baik untuk kulit, dan masih banyak lagi manfaat dari vitamin yang bisa didapat dari berbagai makanan dan buah .

Nah, tapi jangan juga terlalu banyak mengonsumsinya. Karena berdampak buruk pada tubuh. Apa aja? Mari disimak yang dikutip dari Cnnindonesia.com .

1. Nutrisi yang tak seimbang

Terlalu banyak vitamin C mampu memengaruhi tubuh untuk mencerna asupan lain. Misalnya terlalu banyak vitamin C bisa mengurangi kadar vitamin B12. Zat besi pada tubuh juga bisa terserap berlebihan karenanya.

2. Batu ginjal

Dalam sebuah studi kasus terdapat seorang wanita yang mengalami batu ginjal karena mengonsumsi 4000mg atau lebih vitamin C selama empat bulan. Peneliti mengatakan, terlalu banyak suplemen vitamin C dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa oksalat dan asam urat dalam urin mereka. Senyawa ini bisa memicu pembentukan batu ginjal.

Selain itu masih ada lagi beberapa penyakit yang diakibatkan dengan banyaknya vitamin C. Seperti mual, diare, muntah-muntah, insomnia, sakit kepala, sakit perut dan lainnya.

Lantas, seberapa banyak vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh? Dikutip dari Medicalnewstoday.com untuk orang dewasa asupan vitamin C harian yang dibutuhkan adalah 70 hingga 90mg.

Mudahnya, untuk orang dewasa makan dua buah jeruk udah bisa mencukupi kebutuhan asupan vitamin C harian.

Untuk anak usia 1-3 tahun adalah 15mg, 4-8 tahun adalah 25mg, 9-13 tahun adalah 45mg, dan 14-18 tahun adalah 65mg untuk wanita dan 75mg untuk laki-laki. Sedangkan dewasa 70mg untuk wanita dan 90mg untuk laki-laki.

Dengan demikian, diharapkan kita semua diberikan kesehatan dan terhindar dari virus COVID-19 yang sedang merebak dan “badai” virus yang menjadi pandemi global ini cepat berlalu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya