Makanan khas Semarang berikut ini harus ENDEUSiast coba saat berkunjung ke sana

Kota Semarang memang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak kuliner enak. Kali ini Endeus.tv menyajikan makanan khas Semarang yang lezat dan bisa juga ENDEUSiast bawa sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta. Yuk kita simak bersama.

1/ Lunpia

Lunpia adalah jajanan khas Semarang yang paling populer. Di Semarang banyak pedagang yang menjualnya, sehingga ENDEUSiast tidak kesulitan mencarinya. Biasanya isian lunpia adalah bambu muda atau disebut dengan rebung dan daging ayam. Lunpia semakin nikmat karena disajikan dengan bumbu spesial bercita rasa manis dan teksturnya kental dan lembut. Agar semakin lezat ENDEUSiast bisa memakannya bersama acar dan cabai rawit. Endeu.tv punya resep lunpia goreng ayam udang loh. Cobain ya.

2/ Bandeng Presto

Selain lunpia, bandeng presto juga banyak dicari oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Ikan bandeng memiliki banyak duri yang tajam, oleh karenanya bandeng diolah menjadi presto. Dengan begitu, duri bandeng menjadi lunak dan bisa dimakan.

3/ Wingko Babat

Wingko babat adalah kuliner tradisional yang juga populer. Makanan khas ini dibuat dari beras ketan dan kelapa yang dibakar. ENDEUSiast bisa memilih rasa dengan variasi yang berbeda seperti cokelat, original, keju, dan lainnya. Makanan ini bisa banget dijadikan oleh-oleh.

3/ Tahu Gimbal

Gimbal adalah ikan udang yang digoreng dengan tepung. Sajian yang satu ini berisi tahu goreng, tempe, gimbal, dan irisan kol. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang yang creamy. Tahu gimbal menyajikan cita rasa yang manis, gurih, dan pedas. Penasaran?

4/ Garang Asem

Satu lagi makanan tradisonal khas Semarang, namanya garang asem. Sajian ini berisi ayam dengan kuah santan yang diberi campuran belimbing wuluh dan cabai. Makanan ini begitu unik karena ayam dan kuahnya dimasukkan ke dalam daun pisang kemudian dikunci dengan lidi kecil. Makanan ini cocok banget disantap dengan nasi hangat dan ditambah dengan tempe goreng. Kalau ENDEUSiast belum sempat mencobanya di Semarang, Endeus.tv punya resep garang asem yang bisa ENDEUSiast coba di rumah. Cek resepnya di sini ya.

5/ Soto Bangkong

Semarang memiliki soto yang khas bernama soto bangkong. Soto ini adalah satu jenis soto kuah bening. Soto bangkong semakin nikmat karena terdapat topping bihun, suwiran ayam, tauge, tomat, dan bawang goreng.

6/ Babat Gongso

Buat ENDEUSiast yang gemar jeroan, ENDEUSiast harus cobain babat gongso khas Semarang. Jeroan seperti ati, paru, dan limpa diolah dengan kecap manis menjadi sajian yang lezat. ENDEUSiast bisa memakannya dengan nasi putih hangat. Dimakan dengan nasi goreng pun juga nikmat loh.

Dari 6 makanan khas Semarang di atas, mana yang sudah pernah ENDEUSiast coba?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.