Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Yakin Sudah Tahu Macam-macam Tahu Yang Ada di Pasaran?

"

Putih, kotak dan lembut adalah ciri dasar tahu yang biasa dikonsumsi. Tak sekedar lembut, tahu juga memiliki rasa khas kedelai dan aroma samar dari kedelai. Sehingga saat diolah menjadi masakan dapat menyerap dan ‘menyimpan’ bumbu di dalamnya dengan baik.

Bagaimana cara pembuatan tahu? Tahu dibuat dari kacang kedelai yang direndam, digiling sampai halus seperti bubur, kemudian dimasak hingga mengental seperti kepala susu. Adonan ini kemudian disaring menggunakan kain kasa sampai terpisah antara cairan dengan ampasnya. Cairan tersebut menjadi susu kedelai dan ampasnya dapat diolah lagi untuk dijadikan tempe gembus atau oncom.

Susu kedelai yang dihasilkan diberi bahan pengental (koagulan), lalu dimasukkan ke dalam cetakan dan ditekan hingga padat. Tekstur lembut tahu dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain kualitas bahan dan alat yang digunakan, metode pembuatan, suhu pemasakan, jenis pengental dan komposisi bahan yang digunakan. Ada 3 jenis tahu yang terdapat di pasaran, yaitu soft/silken tofu, firm tofu, dan extra firm tofu.

1/ Soft atau Silken tofu

By Tahu Sutera

Disebut tahu sutera, teksturnya yang sangat lembut dan ‘meleleh’ dimulut ini membuatnya sangat digemari anak-anak. Dapat diolah menjadi hidangan pembuka dengan rasa gurih, atau hidangan penutup dengan saus yang manis dan legit. Selain bentuk kotak, soft tofu juga ada yang berbentuk silinder. Dijual dalam kemasan plastik tebal mengikuti bentuk silinder tahu.

2/ Firm tofu

By Firm Tofu (Tahu Cina)

atau tahu padat ini merupakan tahu yang banyak terdapat di pasar Indonesia. Tahu ini banyak jenisnya, antara lain tahu putih kotak kecil, tahu putih kotak besar (disebut juga tahu Cina) dan tahu kuning Bandung yang diwarnai dengan direndam air kunyit. Dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan mulai dari sup, salad, masakan yang ditumis, digoreng, dikukus dan sebagainya.

3/ Extra firm tofu

By Extra Firm Tofu (taukua)

Bertekstur sangat padat karena ditekan dan dipadatkan sampai kandungan airnya tinggal sedikit, misalnya taukua. Banyak ditemukan dalam kuliner Jepang dan Cina. Biasa digunakan untuk sup ataupun digoreng dengan bumbu khas yang lezat.

Nah, sudah lebih tahu kan soal tahu? Yuk mulai masak tahu sekarang!

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.