Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sajian sambal untuk momen Lebaran emang nggak ada yang ngalahin sih enaknya. Coba buat ini agar hari Lebaranmu menjadi lebih istimewa.

Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal rasanya ada yang kurang. Sajian sambal dengan citarasa khasnya yang pedas bisa menambah nafsu makan. Makanan pelengkap ini bisa disajikan kapan saja baik untuk menu sehari-hari hingga pada hari perayaan besar seperti untuk menu Lebaran.

Meskipun kini kita masih menjalankan puasa namun nggak ada salahnya mulai dari sekarang kita sudah mulai merancang kreasi makanan apa saja yang akan dihidangkan untuk menu Lebaran nanti. Toh Idul Fitri juga sudah tinggal hitungan hari kan?

Biasanya makanan khas lebaran lebih banyak mengandung kuah santan. Nah untuk menyeimbangkan rasa dari santan maka lengkapi dengan sajian sambal. Kira-kira sambal apa aja yang cocok untuk menu pelengkap makanan saat Lebaran nanti? Daripada bingung mari kita lihat daftar lengkapnya di bawah ini.

1. Sambal krecek

Bila kita udah pernah makan gudeg, pasti sudah nggak asing dengan sambal yang satu ini. keistimewaan dari sambal ini adalah adanya tambahan rambak atau biasa disebut dengan krecek. Krecek merupakan kulit sapi yang telah dikeringkan.

Ketika diolah, krecek yang awalnya bertekstur renyah ini akan berubah menjadi lembut. Selain gudeg, sajian sambal krecek ini juga sering loh dijadikan sebagai menu Lebaran. Hidangkanlah bersama ketupat dan opor. Dijamin semakin lezat!

2. Sambal goreng ati

Sebenarnya bahan dan cara pengolahan antara sambal krecek dan sambal goreng ati terbilang sama. Hanya saja untuk sambal goreng ati nggak menggunakan krecek. Sambal goreng ati sudah menjadi ikon khusus untuk menu Lebaran. Kita pasti selalu menemukan sambal goreng ati di setiap sajian Idul Fitri.

Untuk membuat sambal goreng ati bisa dibilang cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa bumbu sederhana seperti bawang merah dan bawang putih, cabai merah, lengkuas, kemiri, daun salam. Bila ingin teksur sambal ini lebih creamy maka bisa tambahkan santan secukupnya.

Sambal ini biasa dikombinasikan dengan ati ampela dan kentang. Itulah mengapa disebut dengan sambal goreng ati. Tetapi bila ingin yang berbeda maka bisa menggantinya dengan bahan lainnya sesuai selera. Sebagai pelengkap, sajikan sambal goreng ati bersama opor dan ketupat. Sudah kebayang betapa nikmatnya menu lebaran ini?

3. Sambal balado

Untuk sambal yang satu ini pasti kita udah akrab di menu sehari-hari. Meskipun sering dijadikan menu harian namun tidak ada salahnya menyajikan juga sebagai menu lebaran. Sambal yang berasal dari Padang ini bisa disesuaikan tingkatan pedasnya agar bisa dimakan oleh semua orang yang ada di rumah. Untuk membuatnya, bisa lihat resep sambal balado ini.

4. Sambal ijo

Bagi yang hendak menyajikan rendang dan ketupat pada menu Lebaran nanti maka jangan lupa membuat sambal ijo juga. Rendang menjadi teman yang cocok untuk sambal ijo. Selain itu, sambal ini juga bisa sebagai menu pendamping untuk masakan bersantan atau segala jenis gorengan

Home
Pencarian
Profil
Lainnya