Langkah Membuat Ayam Bakar Kecap yang Empuk
Langkah Membuat Ayam Bakar Kecap yang Empuk

Masakan nusantara seperti ayam bakar kecap bisa dengan mudah kita temukan. Tetapi akan lebih nikmat lagi bila kita bisa memasaknya sendiri.

Masakan nusantara seperti ayam bakar kecap bisa dengan mudah kita temukan. Tetapi akan lebih nikmat lagi bila kita bisa memasaknya sendiri.

Untuk menemukan menu ayam bakar sangat mudah. Kamu bisa pergi ke restoran atau tempat makan sejenisnya. Ada banyak variasi ayam bakar yang bisa kamu pilih. Tetapi dari sekian banyak variasi, ayam bakar kecap yang paling banyak dipilih. Bahan utamanya tentu adalah daging ayam dan bumbu kecap manis. Untuk membuat sajian ini tidaklah sulit, asal kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini pasti sudah bisa membuat ayam bakar kecap yang empuk dan lezat.

1.

Siapkan Daging Ayam

Dalam membuat menu ayam bakar kecap kamu juga harus memilih jenis daging ayam yang tepat. Biasanya untuk sajian yang ini lebih enak menggunakan ayam kampong karena memiliki cita rasa yang gurih. Tetapi bukan berarti tidak bisa menggunakan ayam negeri, jika tidak ayam kampong maka ayam negeri pun jadi.

Sebelum diolah, potong ayam menjadi beberapa bagian disesuaikan dengan selera. Setelah itu baru ungkep ayam menggunakan bumbu halus dan juga santan kelapa agar tekstur dari dagingnya menjadi empuk dan bumbunya bisa terserap ke dalam daging. Jika kamu membeli kelapa asli, maka pilihlah kelapa yang sudah tua untuk bisa menghasilkan cita rasa yang pas.

1.

Menyiapkan Bumbu

Selain bumbu yang diungkep, kamu juga harus menyiapkan bumbu dasar yang terdiri dari bawang merah, bawang putih dan bawang bombay, kunyit, jahe, merica dan garam secukupnya. Haluskan semua bumbu tersebut menggunakan ulekan maupun blender baru setelah itu ditumis hingga tercium aroma harum. Masukkan juga daun serai, daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan untuk ditumis bersamaan dengan bumbu halus. Jika sudah, barulah masukkan ayam satu-persatu ke dalam panci. Aduk hingga bumbu dan ayam tercampur merata.

Ketika sudah tercampur, masukanlah kecap dan air asam jawa. Gunakan api kecil pada saat merebusnya agar bisa matang sempurna.

1.

Membakar Ayam

Jika dirasa ayam sudah matang dan bumbu sudah terserap ke dalam daging maka kamu tinggal membakarnya diatas panggangan daging. Bila tidak ada arang, kamu bisa menggunakan kompor dan ayam diletakkan pada wajan yang anti lengket.

Bakar ayam hingga matang dan jangan lupa untuk sesekali membaliknya agar tidak gosong. Kamu juga bisa mengoleskan sisa bumbu dari ungkepan ayam tadi dan juga kecapnya agar cita rasa manisnya semakin terasa di lidah.

Untuk resep ayam bakar kecap , bisa dilihat di sini. Jika kamu mengikuti semua langkah di atas dengan benar maka dijamin masakan ayam bakar kecapmu akan empuk dan lezat. Selamat menikmatinya.

Endeustorial

Ikuti Instagram