Kulkas
Kulkas

Mengenal Beragam Jenis Kulkas dan Perawatannya. Foto: Shuttertock.com

Mengenal jenis-jenis kulkas hingga cara merawatnya.

Lemari es atau yang biasa disebut dengan istilah kulkas ini merupakan salah satu alat penyimpanan yang dibutuhkan di dapur. Sehingga tak heran jika permintaan kulkas ini semakin mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Tak hanya digunakan untuk mendinginkan makanan maupun minuman saja. Kulkas juga dapat digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis makanan secara alami sehingga tetap aman saat dikonsumsi.

Dengan adanya lemari pendingin ini, kesegaran makanan pun akan terjaga dengan baik. Bahkan, dapat menyimpan bahan pokok dapur seperti bumbu segar, sayuran, dan buah. Dapur pun terlihat lebih bersih dan bahan makanan menjadi lebih awet.

Jenis-Jenis Kulkas Berdasarkan Desainnya

Desain dan kualitas sebuah kulkas pun semakin berkembang sesuai permintaan pasar, sehingga semakin banyak jenis kulkas yang ada di pasar. Agar tidak kebingungan, berikut ini berbagai jenis kulkas berdasarkan desainnya yang perlu diketahui.

1/ Top Freezer

Kulkas jenis ini mempunyai freezer di bagian atas dan mesin pendinginnya yang berada di bagian bawah. Bisa dibilang, top freezer ini model yang konvensional bahkan harganya pun relatif terjangkau. Meskipun begitu, ukurannya cukup bervariasi, mulai dari 30 sampai 33 inchi.

2/ Bottom Freezer

Kebalikan dengan jenis yang sebelumnya, kulkas ini mempunyai freezer di bagian bawah dan refrigeratornya ada di atasnya. Kelebihannya yaitu, kita tidak perlu bersusah payah untuk meraih makanan karena letaknya sejajar dengan tubuh kita. Bahkan desainnya pun ada yang dilengkapi dengan pintu kecil maupun laci yang bisa ditarik. Tetapi tentu Harganya pun lebih mahal.

3/ Side by Side

Kulkas ini sangat cocok untuk dapur yang berukuran sempit. Sebab desainnya lebih ramping, tetapi memanjang ke bawah. Bahkan raknya sangat banyak, sehingga dapat menyimpan berbagai jenis makanan dengan mudah. Fitur khasnya adalah dilengkapi dengan water & ice dispenser, sehingga dapat lebih mudah mengambil es dan air dingin tanpa membuka pintu kulkas.

4/ Kulkas mini

Sesuai namanya, kulkas ini memang berukuran kecil, yaitu kurang dari 100 liter. Biasanya sering digunakan sebagai kulkas tambahan yang diletakkan di ruangan selain dapur. Gunanya untuk menyimpan snack maupun minuman tanpa perlu ke dapur.

Apa Saja Pertimbangan Saat Membeli Kulkas

Masih banyak orang yang memilih kulkas asal-asalan, yang penting bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan maupun minuman dan tentunya murah. Tetapi mereka kerap melupakan poin-poin penting yang seharusnya dipertimbangkan juga sebelum memutuskan untuk membelinya.

Simak informasi di bawah ini agar lebih paham dan juga yakin untuk memilih kulkas yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1/ Pilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Saat ini banyak sekali pilihan kulkas yang tersedia di toko elektronik dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Seperti halnya fitur wadah maupun penyimpanan khusus untuk bahan makanan yang akan dimasukkan.

Pertimbangkan wadah yang sudah terpasang secara langsung di bagian kulkas apakah sangat dibutuhkan atau tidak untuk bahan makanan yang akan disimpan. Misalnya saja rak telur yang harus ada lubangnya, wadah daging maupun ikan yang harus terpisah dari makanan yang lainnya, ataupun wadah khusus untuk buah-buahan, sayuran, dan lain sebagainya.

Biasanya masing-masing kulkas juga mempunyai fitur pendingin yang berbeda. Tapi, yang wajib ada dan kerap dibutuhkan adalah multi air flow. Di mana fitur ini mampu untuk mendinginkan suhu yang ada di dalam kulkas secara merata. Sehingga tidak akan ada makanan yang di bagian atas dingin, sedangkan yang di bagian bawah malah tidak dingin.

3/ Ukuran Yang Tepat

Hal yang satu ini sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan bahwa memilih kapasitas kulkas yang cocok dengan kebutuhan. Jangan sampai terlalu kecil ataupun terlalu besar. Jika untuk kebutuhan rumah dengan jumlah anggota keluarga yang sedikit, maka kulkas yang kecil maupun sedang dapat dipilih.

Namun, tidak ada salahnya untuk memilih kulkas yang besar sekaligus, untuk berjaga-jaga jika kebutuhan sehari-hari terus meningkat. Dengan begitu, tidak perlu lagi membeli yang baru. Jika memiliki usaha warung makan, kulkas yang berukuran besar ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan berbagai jenis bahan makanan.

4/ Perhatikan dimensi ruangan

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli kulkas yang besar adalah, dimensi ruangan untuk meletakkannya. Jangan sampai ketika sudah membeli kulkas, ternyata tidak ada tempat yang pas. Pastikan jaraknya juga tidak terlalu sempit saat meletakkan kulkas yang berukuran besar tersebut. Sehingga kulkas pun dapat “bernafas” dan juga tidak terhimpit dengan benda lainnya. Dan saat dilihat pun tidak merusak tatanan interior rumah dan tidak tampak sesak.

Tips merawat dan membersihkan kulkas

Peran kulkas ini sangat penting bagi kebanyakan orang saat ini. Untuk menyimpan bahan makanan untuk dimasak di kemudian hari. Agar tidak cepat rusak dan tetap awet, berikut tips sederhana untuk merawat dan juga membersihkan kulkas.

1/ Letakkan di tempat yang tepat

Tips ini merupakan langkah utama yang harus dilakukan ketika baru saja membeli sebuah kulkas. Jangan sampai meletakkannya di dekat oven, kompor, maupun benda sejenisnya yang mengeluarkan udara panas, sehingga dapat mengurangi kinerja dari kulkas.

Lokasi yang terlalu panas dapat membuat kompresor kulkas menjadi bekerja penuh paksaan, sehingga akan berujung cepat rusak. Hindari juga penempatan kulkas di dekat pencahayaan matahari secara langsung, agar kulkas tetap awet dan juga berfungsi dengan baik.

2/ Jangan Isi Terlalu Penuh

Jumlah jenis makanan yang dimasukkan sangat mempengaruhi suhu dingin yang ada di dalam kulkas. Apabila isi kulkas semakin banyak, maka sirkulasi udara dinginnya pun akan semakin berkurang.

Caranya sangat gampang, pastikan untuk memberi jarak sebesar 3-5 cm pada setiap makanan. Setelah itu, seimbangkan jumlah makanan yang diletakkan pada kompartemen satu dengan yang lainnya. Jangan pernah sekali-kali mengisi kulkas dengan makanan atau minuman yang panas. Mengapa begitu? Sebab, hal ini dapat membuat kekacauan pada temperatur suhu di dalam kulkas. Sehingga membuat kinerja mesinnya menjadi lebih keras lagi untuk memproses suhu panas yang ada pada makanan atau minuman tersebut menjadi dingin. Usahakan untuk membiarkan suhu panas tersebut turun sampai suhu ruang, kemudian simpan ke dalam kulkas.

3/ Tutup Pintu Kulkas Dengan Rapat

Kebanyakan orang kerap meremehkan hal ini. Setelah selesai mengambil makanan atau minuman, terkadang mereka hanya membiarkan pintunya menutup dengan sendirinya. Padahal, bukan berarti jika pintu menutup dengan sendirinya maka akan tertutup dengan rapat. Bisa jadi karetnya yang elastis tersebut tidak terlalu rekat karena jarang dibersihkan. Sehingga, akan membuat pintu kulkas kembali terbuka atau tidak tertutup rapat.

Jika kejadian tersebut terus berulang, maka suhu dingin yang ada di dalam kulkas menjadi berkurang. Tentunya konsumsi daya listrik pun menjadi semakin melonjak. Bahkan, hal yang tidak diinginkan seperti halnya kebocoran udara pun bisa saja terjadi, sehingga mau tak mau harus mengganti suku cadang yang lainnya. Yang menyebabkan adanya biaya pengeluaran ekstra.

4/ Biarkan Tertutup Ketika Listrik Padam

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tips yang satu ini. Banyak dari mereka, terutama yang baru saja membeli kulkas sering membiarkan pintunya terbuka di saat listrik sedang mati. Padahal, kulkas mampu menyimpan suhu dingin selama seharian penuh meskipun listrik dalam keadaan padam. Maka dari itu, jika ingin makanan tidak cepat basi dan tetap fresh jangan terlalu sering membuka pintunya dan biarkan tertutup hingga listriknya kembali menyala.

5/ Bersihkan Karet Pada Pintu Kulkas

Salah satu poin ini kerap dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Padahal, justru sangat penting untuk dilakukan. Bukan tak mungkin jika ada noda hitam yang menempel pada pintu karet jika sering dibuka-tutup. Jika noda hitam tersebut dibiarkan terus-menerus, maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Bahkan, kuman dan bakteri pun semakin banyak yang bersarang dan juga berkembang biak di sana.

Untuk mengatasi hal tersebut, cukup gunakan lap yang telah dibasahi menggunakan air kemudian gosokkan secara perlahan-lahan pada karet pintu tersebut. Dengan begitu, dapat memperkecil kemungkinan kerusakan pada kulkas.

6/ Bersihkan Bagian Dalamnya

Apakah sering mencium bau yang tidak enak maupun apek pada kulkas, karena terlalu sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis makanan maupun minuman yang beragam? Jika iya, maka segera bersihkan kulkas agar tidak menimbulkan jamur maupun bakteri.

Pertama, matikan terlebih dahulu sambungan listrik yang masih bekerja dengan mencabut kabelnya pada stop kontak. Jika sudah, keluarkan semua makanan maupun minuman satu per satu. Buang yang sudah melewati tanggal kadaluarsa maupun yang tidak ingin dikonsumsi lagi.

Setelah itu, keluarkan rak-rak kompartemennya satu per satu, kemudian cuci menggunakan air sabun. Jika sudah, bilas dan keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Kemudian lap bagian dinding kulkasnya menggunakan kain yang bersih kemudian biarkan sampai mengering.

Pasang kembali rak yang telah dijemur sampai kering pada kulkas, kemudian masukkan bahan makanannya satu per satu. Pastikan dindingnya juga telah kering agar tidak merusak komponen kulkas saat dinyalakan.

7/ Bersihkan Bunga Es Yang Menumpuk

Freezer di dalam kulkas menumpuk, tetapi bukan berisi makanan? Melainkan bunga es yang sangat banyak? Tidak perlu risau, lakukan langkah berikut. Pertama, matikan aliran listrik, buka pintu freezernya setelah itu biarkan bunga es mencair dengan sendirinya. Jangan sekali-kali mencongkel bunga es tersebut menggunakan benda tajam agar tidak merusak lapisannya.

Jika sudah, campurkan air dan juga baking soda kemudian gosokkan dengan menggunakan lap atau sikat gigi bekas yang memiliki bulu lembut secara perlahan-lahan pada dinding freezer. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap yang masih melekat.

Setelah selesai, lap dengan kain kering dan pastikan mengering dengan sempurna, jangan sampai menyalakan kulkas dalam keadaan masih lembab. Pasang kembali rak kulkas ke dalamnya, kemudian isi sesuai kapasitas.

Terakhir, bersihkan kondensor kulkas. Biasanya orang hanya terfokus untuk membersihkan kulkas bagian dalamnya saja. Sebab, yang kerap digunakan untuk menyimpan berbagai makanan maupun minuman adalah bagian dalamnya. Tapi jangan salah, bagian luar kulkas terutama di bagian jantungnya sendiri yaitu kondensor pun sangat penting untuk dibersihkan.

Membersihkan kondensor ini merupakan cara merawat kulkas agar tetap awet saat digunakan selama bertahun-tahun. Jika tidak dibersihkan secara berkala, maka kondensor ini akan mudah berdebu sehingga dapat mengurangi kinerja kulkas itu sendiri. Untuk membersihkannya, cukup mengelapnya dengan kain sampai debunya menghilang. Selesai! Selamat mencoba!

Endeustorial

Ikuti Instagram