Bulan Ramadan udah di depan mata. Ada banyak kuliner khas Ramadan yang sangat dirindukan. Yang pasti berbukalah dengan yang manis.

Ramadan datang banyak membawa keberkahan bagi semuanya. Suasana berkumpul bersama keluarga sangat dirindukan. Tetapi bukan itu aja yang dirindukan, juga ada kulinernya yang sangat dinanti. Mengapa? Karena kuliner-kuliner tersebut mudah ditemui ketika bulan Ramadan atau ada juga yang hanya bisa ditemui ketika Ramadan tiba.

“Berbukalah dengan yang manis,” adalah jargon yang biasa kita dengar. Ada banyak “pasar bukaan” yang menjajakan makanan untuk berbuka puasa. Bisa dibilang semua makanan yang disajikan adalah makanan-makanan manis.

Untuk itu banyak yang juga udah nggak sabar menantikan untuk menyantap berbagai sajian sedap khas bulan Ramadan. Berikut ini adalah sajian yang bikin pengen cepet-cepet bulan Ramadan.

1. Kolak pisang

Hampir di setiap daerah di Indonesia pasti setuju kalau kolak adalah makanan khas di bulan puasa. Rasanya yang manis dan disajikan untuk berbuka puasa, pantes aja kolak selalu dicari sebagai sajian untuk takjil (makanan untuk membatalkan puasa).

Jenisnya pun sangat banyak macamnya, yang terkenal adalah kolak pisang. Ada yang ditambahkan dengan kolang-kaling, ada yang ditambahkan dengan jagung, ubi, dan lainnya. Yang pasti kolak nggak akan pernah absen di tiap datangnya bulan ke sembilan penanggalan Hijriyah.

2. Kurma

Buah yang berasal dari negeri Arab ini emang populer banget pas Ramdan datang. Konon ini adalah buah yang biasa dimakan oleh Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa. Jadinya kurma emang jadi salah satu makanan (buah) yang “ramai” ketika bulan puasa.

Karena rasanya yang manis, makanya kurma banyak juga yang menjadikan pilihan sebagai menu takjil. Permintaan akan kurma di bulan Ramadan meningkat drastis dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

3. Kolak biji salak

https://kurio-img.kurioapps.com/19/04/30/b0718ceb-c990-42a1-83e1-fc108653a445.jpg

Jangan salah, meski namanya biji salak bukan terbuat dari biji salak sesungguhnya. Melainkan menggunakan ubi dan tapioka. Bentuknya yang bulat dengan warna agak gelap seperti biji salak, makanya disebut biji salak.

Disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula dan santan, sehingga rasanya menjadi manis. Jadi pas buat sajian berbuka puasa.

4. Es timun suri

Buah timun suri agak susah ditemui kalau bukan di bulan Ramadan. Tetapi ketika Ramadan tiba buah yang berwarna kuning ini gampang sekali ditemui. Bahkan di pinggir jalan pun banyak yang menjualnya.

Biasanya timun suri diolah menjadi minuman segar. Atau bisa juga sebagai salah satu isian dari es buah yang disajikan sebagai menu berbuka.

5. Jajanan pasar

https://kurio-img.kurioapps.com/19/04/30/6cc4897a-ad69-490e-9bb7-c7bdb66f9ed9.jpg

Biasanya kue-kue jajanan pasar hanya bisa ditemui di pasar seperti namanya. Tetapi ketika bulan Ramadan datang, kita bisa dengan mudah menemukan jajanan pasar di manapun. Bahkan di pasar dadakan juga jadi banyak yang menjual kue-kue dan jajanan pasar.

Karena ada dua tipe orang untuk berbuka puasa. Ada yang langsung makan berat (nasi), ada juga yang makan camilan seperti jajanan pasar. Makanya banyak juga yang mencari jajanan pasar untuk menu berbuka puasa.

6. Es buah

https://kurio-img.kurioapps.com/19/04/30/43687d84-632e-46e0-a0f0-e0aec53cd158.jpg

Es buah adalah salah satu menu yang cukup banyak dicari sebagai pilihan untuk berbuka puasa. Karena dingin dan segar, ditambah banyak buah-buah yang juga bisa menyegarkan badan setelah seharian berpuasa, es buah juga banyak bisa ditemui ketika bulan puasa.

Bulan puasa merupakan bulan suci yang spesial. Sajian makanan untuk berbukanya pun juga spesial. Makanya kita bisa menemukan menu-menu bukaan seperti yang disebutkan di atas hanya ada di bulan puasa.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.