Kuliner Khas Purworejo Yang Bisa Dicoba
Kuliner Khas Purworejo Yang Bisa Dicoba

Apa aja kuliner khas Purworejo, kabupaten di Jawa Tengah yang sedang ramai dibicarakan?

Beberapa hari ini Purworejo sedang banyak dibicarakan di media sosial sehingga menjadi terending topic . Karena di sana diklaim terlah berdiri Kerajaan Keraton Agung Sejagat yang diakui memiliki kekuasaan di seluruh dunia.

Terlepas itu, yang pasti kita nggak akan bahas masalah itu lebih lanjut. Tapi kita akan membahas kuliner endeus apa yang dimiliki oleh Purworejo, Jawa Tengah. Jadi ketika ada kesempatan berkunjung ke sana, nggak perlu bingung lagi buat menyantap sajian khas yang ada di sana. Langsung aja kita bahas ya.

1. Cenil

Kuliner yang terbuat dari pati singkong ini mungkin udah nggak asing lagi buat kita. Tapi tau kalo makanan yang ditaburi oleh kelapa parut ini berasal dari Purworejo?

Di sana cenil bisa ditemukan dengan mudah. Di pasar pasti ada yang menjualnya. Makanan yang memiliki beberapa warna ini pas banget sebagai camilan pas lagi iseng atau sebagai teman minum kopi.

2. Dawet ireng

Mungkin buat yang nggak tau, dawet ireng adalah es cendol. Kata ireng berarti hitam. Karena dawetnya memiliki warna hitam bukan hijau seperti yang kita kenal biasanya. Warna hitam didapat dari abu bakar merang atau jerami yang dicampur dengan air.

Jika biasanya di Jakarta es dawet disajikan di dalam gelas, beda dengan dawet ireng yang menggunakan mangkuk. Dalam proses pembuatannya, dawet ireng menggunakan merang; sejenis padi-padian yang banyak tumbuh di dataran Jawa, yang memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

3. Sego megono

Kuliner khas Purworejo lainnya adalah sego megono. Kalo yang dua tadi di atas berupa camilan atau jajanan, kali ini adalah makanan utama. Nasi yang disajikan dengan cacahan nangka muda dan dicampur dengan parutan kelapa di atas nasi.

Nah cacahan nangka dan parutan kelapa tersebut, memiliki rasa mirip seperti urap yang biasa kita makan. Nggak cuma ini aja, sego megono juga disajikan dengan berbagai lauk lainnya sesuai selera.

4. Geblek

Yang satu ini juga merupakan makanan ringan khas Purwerojo. Namanya cukup unik, tapi rasanya nggak main-main. Terbuat dari tepung kanji, rasanya pun gurih, sehingga nggak heran kalo banyak banget wisatawan yang penasaran ingin mencobanya ketika ke sana.

Sambal kacang adalah salah satu bumbu yang biasanya disajikan bersama geblek. Sensasi menyantapnya mirip ketika menyantap cireng (aci digoreng).

5. Clorot

Satu lagi yang memiliki nama unik, adalah clorot. Endeusiast pasti udah pernah makan ini kan? Dibungkus memutar ke atas menggunakan daun kelapa, memiliki rasa manis. Sehingga clorot banyak juga dikonsumsi oleh anak-anak.

Terbuat dari tepung beras dan tambahan tepung kanji, ditambah gula merah yang membuat rasanya menjadi manis.

Itulah 5 kuliner khas Purworejo yang wajib banget dicoba ketika berkunjung ke sana. Ada yang pernah makan dari lima kuliner tersebut? Jangan lupa untuk bagikan bersama kami dengan mention atau kirim pesan di media sosial Endeus.

Feature image: Nusa Daily

Lion Haloho