Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Lebaran selalu identik dengan kumpul keluarga dan makan makanan enak. Apa saja sih makanan khas lebaran di berbagai daerah di Indonesia?

Hidangan Lebaran khas Nusantara memang tak dapat dipungkiri kelezatannya. Keragaman citarasa yang tiada duanya selalu membuat rindu untuk pulang ke kampung halaman. Ketika waktu mudik tiba, kuliner khas daerah pasti dibanjiri pelanggan.

Pada masa puncak liburan, tak jarang orang-orang pulang dengan tangan kosong karena kehabisan. Belum lagi lalu lintas di area wisata yang biasanya mendadak macet dibanjiri kendaraan dari luar kota Akan tetapi itu bukan menjadi halangan untuk tetap bisa mencicipi hidangan khas dari berbagai daerah. Keunikan dan kelezatan rasanya bisa diciptakan di dapur sendiri, sembari bercengkrama bersama keluarga dan kerabat. Menikmati kuliner khas, tanpa harus melewatkan momen kebersamaan dengan orang-orang tersayang.

Berikut beberapa menu kuliner khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa dibuat di dapur sendiri.

1/ Sambal Goreng Ati

Sajian yang khas dengan rasa pedas dan legit ini selalu cocok di segala suasana. Hidangan ini juga cocok dipadukan dengan berbagai macam lauk pauk lainnya, dan pastinya sesuai untuk suasana lebaran yang penuh kebahagiaan.

2/ Rendang khas Padang

Siapa yang bisa menyangkal kelezatan kuliner kaya rempah yang satu ini. Rendang begitu populer baik di negeri sendiri, maupun di mancanegara. Ketahui tips-tips agar terhindar dari kesalahan dalam memasak rendang seperti dituturkan oleh William Wongso di sini .

3/ Semur khas Betawi, Jakarta

Makanan khas Betawi yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia ini memang tak habis ruang kreatif di dalamnya. Bagi penyuka eksperimen, tersedia juga resep semur dengan berbagai macam bahan dasar, di antaranya Semur Paha Ayam Bakar , Semur Kecap Tahu Telur , dan Semur Bola Daging Telur Puyuh .

4/ Empal Gentong khas Cirebon

Kelezatan kuliner khas Cirebon ini sudah pasti tak asing di lidah masyarakat Indonesia. Kenikmatannya terletak pada empuknya daging sapi yang disiram gurihnya kuah. Cari tahu kuliner khas Kota Udang ini di sini .

5/ Soto Banjar

Kesegaran kuah dan aromanya yang memikat membuat kuliner satu ini memiliki penggemar setia di seluruh penjuru Nusantara. Soto berbahan dasar daging ayam ini akan menyemarakkan suasana lebaran di manapun berada. Simak cara membuatnya di sini .

Masih banyak lagi kuliner lebaran khas berbagai daerah di seluruh Indonesia. Itu artinya masih banyak pula ruang eksplorasi untuk berkreasi di dapur. Banyak di antaranya yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari. Jadi hidangan yang istimewa dapat tersaji di mana saja, dan kapan saja. Simak resep hidangan khas Nusantara lainnya di Endeus.tv, semoga menginspirasi dan selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.