Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kue tradisional dengan pelengkap buah mana yang ENDEUSiast suka?

Kue tradisional Indonesia memang sangat beragam terlebih bila dilihat dari bahan pembuatnya. Bahan utama pembuat kue tradisional adalah tepung, gula, dan telur. Selain itu ada beberapa kue tradisional yang juga menggunakan buah sebagai bahan utama maupun pelengkap.

Bagi orang Indonesia mencampur buah ke dalam kue adalah hal yang umum. Namun tidak semua buah bisa dicampur dengan kue. Berikut ini beberapa buah yang biasa dicampur dalam kue tradisional baik sebagai bahan utama ataupun pelengkap.

1/ Kelapa

Buah yang paling sering digunakan untuk campuran kue tradisional adalah kelapa. Hampir sebagian besar kue tradisional Indonesia menggunakan kelapa baik dalam bentuk santan, kelapa parut, kelapa muda, hingga air kelapa.

Kue yang menggunakan kelapa biasanya mempunyai cita rasa yang gurih dan legit yang berasal dari kelapa. Selain itu, aroma kue yang menggunakan santan juga harum dan teksturnya menjadi lembut. Kue-kue yang menggunakan kelapa misalnya nagasari, klapertart, putu ayu, dan sebagainya.

2/ Kismis

Kismis adalah salah satu buah yang juga banyak digunakan untuk campuran pada kue tradisional. Tekstur kismis yang renyah dan rasanya yang asam manis membuat buah kering ini banyak digunakan untuk kue tradisional misalnya kue lumpur. Selain dicampurkan kedalam bahan kue, kismis juga banyak digunakan untuk hiasan agar kue tradisional terlihat semakin menarik.

3/ Durian

Durian adalah salah satu buah yang banyak digunakan baik untuk masakan, minuman, hingga kue. Buah yang satu ini banyak digunakan karena aromanya bisa membuat kue dan makanan menjadi lebih sedap.

Durian yang digunakan biasanya adalah daging buahnya saja. Daging buah durian bisa dicampur ke dalam adonan kue agar aroma dan rasanya bisa menyatu. Selain itu, durian juga bisa disajikan sebagai pelengkap seperti pada ketan durian dan kemudian disiram dengan kuah santan.

4/ Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang paling umum dijadikan kue. Buah yang satu ni memang mempunyai paling banyak olahan dibanding dengan buah yang lain. Buah pisang bisa dijadikan keripik. Selain itu, pisang juga umum dijadikan isian pada kue seperti pada kue bolen, nagasari, dan sebagainya.

Untuk isian kue, pisan biasanya dikukus terlebih dahulu sehingga teksturnya sedikit lembut. Pisang yang banyak digunakan untuk kue adalah jenis pisang candi, pisang raja, pisang kepok, dan sejenisnya karena mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang tidak lembek.

5/ Nangka

Nangka juga menjadi salah satu buah yang banyak digunakan untuk kue tradisional Indonesia. Buah yang satu ini mempunyai aroma yang kuat seperti durian dan rasanya juga manis. Untuk campuran kue, nangka yang biasa digunakan adalah jenis nangka yang tidak mudah lembek dan warnanya juga kuning atau orange yang cantik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.