Kue Pancake Ala Indonesia Yang Pasti Endeus!
Kue Pancake Ala Indonesia Yang Pasti Endeus!

Dokumentasi: Shutterstock. Kue Pancake Ala Indonesia Yang selalu jadi favorit.

Indonesia punya kue ala pancake yang lezat. Apakah ENDEUSiast sudah pernah mencobanya?

Kue yang dibuat dengan cara dipanggang diatas wajan datar atau wajan dadar. Kue jenis ini yang terkenal adalah pancake Amerika dan pancake Jepang. Proses pembuatan kue dadar atau pancake ini tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Di Indonesia kue sejenis pancake ini sudah ada dari jaman dahulu, tetapi tentu saja dengan penyesuaian citarasa lokal. Berikut ini beberapa pancake atau kue dadar tradisional asli Indonesia.

1/ Kue Apem

Kue apem adalah salah satu pancake yang berasal dari Yogyakarta. Kue ini biasanya dibuat untuk mengisi gunungan ketika upacara adat serta disajikan ketika acara selamatan. Sekilas kue apem terlihat mirip dengan kue khamir namun kue apem menggunakan tepung beras dan santan. Cara memasak kue apem ini bisa dikukus dan dipanggang.

2/ Kue Cucur

Kue cucur adalah salah satu jenis kue pancake asli Indonesia. Kue yang satu ini mempunyai tampilan yang tidak secantik pancake lain, karena proses pembuatannya yang digoreng. Kue cucur terbuat dari tepung beras dan gula merah yang kemudian digoreng. Kue cucur ini berbentuk pipih seperti piringan dengan tekstur kriuk di bagian pinggir dan kenyal di bagian tengahnya.

3/ Kue Serabi

Kue Serabi juga termasuk sebagai salah satu pancake atau kue dadar khas Indonesia. Ada banyak jenis serabi yang ada di Indonesia mulai dari serabi Bandung hingga serabi Solo. Secara umum kue serabi dibuat dengan menggunakan tepung beras dan santan dengan adonan yang cenderung encer. Adonan kemudian dipanggang pada wajan kecil dan diberi topping sesuai selera. Ada yang disiram dengan kuah santan dan gula merah, ada juga yang menggunakan topping kekinian seperti keju mozzarella dan nutella, atau serabi yang digulung seperti serabi Solo.

4/ Martabak Manis

Kue yang satu ini adalah salah satu favorit Orang Indonesia. Siapa yang tidak suka martabak manis. Makanan yang satu ini adalah primadona pancake Indonesia. Martabak manis kini sudah berevolusi dengan berbagai macam varian toping dan penyajian yang unik seperti martabak dengan 16 topping, martabak mini, hingga martabak gulung.

5/ Kue Khamir

Kue khamir adalah salah satu kue khas yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Khamir sendiri berarti ragi dan pertama kali dibuat oleh orang Arab di Pemalang. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, ragi, dan telur. Namun ada beberapa orang yang membuat kue khamir dengan campuran pisang dan tape serta dibuat dengan berbagai macam variasi topping seperti coklat, keju, dan sebagainya. Kue khamir ini berbentuk pipih namun lebih tebal daripada pancake pada umumnya.

Nah, Kue apa yang jadi favorit ENDEUSiast? Yuk coba lihat resepnya di web dan app Endeus!

Endeustorial

Ikuti Instagram