Indonesia juga punya kue pancake yang tidak kalah lezat dari pancake Amerika atau Jepang. Apakah ENDEUSiast sudah pernah mencobanya?

Pancake adalah salah satu jenis kue yang dibuat dengan cara dadar atau dipanggang diatas wajan datar. Kue jenis ini yang terkenal adalah pancake Amerika dan pancake Jepang. Proses pembuatan kue dadar atau pancake ini tidak terlalu sulit dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Ternyata, di Indonesia sendiri juga ada jenis kue dadar atau pancake yang tentu saja dengan penyesuaian sesuai citarasa lokal. Berikut ini beberapa pancake atau kue dadar tradisional asli Indonesia.

1/ Kue Apem

Kue apem adalah salah satu pancake yang berasal dari Yogyakarta. Kue ini biasanya dibuat untuk mengisi gunungan ketika upacara adat serta disajikan ketika acara selamatan. Sekilas kue apem terlihat mirip dengan kue khamir namun kue apem menggunakan tepung beras dan santan. Cara memasak kue apem ini bisa dikukus dan dipanggang.

2/ Kue Cucur

Pancake asli Indonesia yang selanjutnya adalah kue cucur. Kue yang satu ini mempunyai tampilan yang tidak secantik pancake lain, karena proses pembuatannya yang digoreng. Kue cucur ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang kemudian digoreng. Kue cucur ini berbentuk pipih seperti piringan dengan tekstur kriuk di bagian pinggir dan kenyal di bagian tengahnya.

3/ Kue Serabi

Serabi juga termasuk sebagai salah satu pancake atau kue dadar khas Indonesia. Ada banyak jenis serabi yang ada di Indonesia mulai dari surabi Bandung hingga serabi Solo. Secara umum kue serabi dibuat dengan menggunakan tepung beras dan santan dengan adonan yang cenderung encer. Adonan kemudian dipanggang pada wajan kecil dan diberi topping sesuai selera. Ada yang disiram dengan kuah santan dan gula merah, ada juga yang menggunakan topping kekinian seperti keju mozzarella dan nutella, atau serabi yang digulung seperti serabi Solo.

4/ Martabak Manis

Siapa yang tidak suka martabak manis. Makanan yang satu ini adalah primadona pancake Indonesia. Martabak manis kini sudah berevolusi dengan berbagai macam varian toping dan penyajian yang unik seperti martabak dengan 16 topping, martabak mini, hingga martabak gulung.

5/  Kue Khamir

Kue khamir adalah salah satu kue khas yang berasal dari Pemalang, Jawa Tengah. Khamir sendiri berarti ragi dan pertama kali dibuat oleh orang Arab di Pemalang. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, ragi, dan telur. Namun ada beberapa orang yang membuat kue khamir dengan campuran pisang dan tape serta dibuat dengan berbagai macam variasi topping seperti coklat, keju, dan sebagainya. Kue khamir ini berbentuk pipih namun lebih tebal daripada pancake pada umumnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.