Kue Nastar Buatanmu Sering Gagal? Mungkin Ini Penyebabnya!
Kue Nastar Buatanmu Sering Gagal? Mungkin Ini Penyebabnya!

Nastar merupakan sajian lebaran yang wajib disajikan. Sering membuat kue nastar tapi gagal? Mungkin beberapa hal ini penyebabnya!

Nastar merupakan sajian lebaran yang wajib disajikan. Sering membuat kue nastar tapi gagal? Mungkin beberapa hal ini penyebabnya!

Nastar adalah salah satu kue yang wajib ada saat lebaran. Biasanya menjelang Ramadan, kaum wanita sibuk menyiapkan sajian lebaran mulai dari lauk sampai kue-kue ringan, termasuk Nastar. Membeli kue Nastar untuk sajian lebaran mungkin menjadi salah satu pilihan praktis. Akan tetapi tidakkah ENDEUSiast mau mencoba membuatnya sendiri?

Tingkat kesulitan dalam membuat Nastar memang tidak terlalu susah. Namun, tidak jarang beberapa kali ada yang gagal dalam membuat kue Nastar. Sebenarnya apa sih yang membuat kue Nastar gagal? Ini dia beberapa di antaranya!

1/ Terlalu lama mengaduk adonan

Mengaduk adonan menjadi kunci penting dalam pembuatan Nastar. Tidak perlu adonan yang sangat kalis dalam pembuatannya. Namun kadang karena terlalu bersemangat, dalam mengaduk adonan menjadi terlalu lama dan kuat. Hal ini bisa menyebabkan kue Nastar menjadi bantat dan tidak mengembang dengan sempurna.

2/ Mengisi kue nastar dengan selai kemasan

Kesalahan yang sering terjadi saat membuat kue Nastar adalah mengisi kue Nastar dengan selai kemasan. Niatnya memang untuk lebih praktis dan tidak perlu membuat selai sendiri. Akan tetapi tekstur selai kemasan biasanya lebih encer dan berair sehingga membuat kue Nastar lebih lembek dan pecah.

Untuk mendapatkan kue Nastar dengan hasil yang baik, gunakan selai buatan sendiri yang teksturnya lebih kental dan pekat. Selain itu membuat selai sendiri juga lebih sehat karena terbebas dari pemanis buatan.

3/ Terlalu banyak mengisi selai

Pengisian selai dalam Nastar juga penting diperhatikan. Jika ENDEUSiast mengisinya terlalu sedikit, maka rasa dari Nastar tidak akan terlalu enak. Begitu juga jika isian selai terlalu banyak. Selai yang terlalu banyak diisikan dalam Nastar akan membuat kue nastar mudah pecah dan bentuknya tidak lagi cantik karena cepat gosong.

4/ Mengoleskan kuning telur pada nastar satu kali sebelum dipanggang

Sebelum dimasukkan dalam oven, Nastar harus diolesi dengan kuning telur agar warnanya mengkilat dan cantik. Akan tetapi, kesalahan yang sering dilakukan adalah mengolesinya sekali saja. Seharusnya kue nastar yang setengah matang juga kembali diolesi kuning telur agar kue nastar bisa mengkilat dan cantik maksimal.

5/ Memanggang nastar dengan suhu yang terlalu tinggi

Suhu oven menjadi kunci penting dalam memanggang Nastar. Kebanyakan orang menginginkan kue Nastar cepat matang sehingga memanggang kue Nastar dengan suhu yang terlalu tinggi. Hal ini justru membuat kue Nastar cepat gosong di bagian luar dan mentah di bagian dalam. Karena itu pilihlah suhu yang sesuai. Suhu 150-160 derajat Celcius cukup untuk memanggang kue nastar dengan sempurna.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat kue nastar. Jika ENDEUSiast ingin membuat kue nastar anti gagal, ENDEUSiast bisa mencoba membuat kue nastar cokelat di sini .

Endeustorial

Ikuti Instagram