Kue populer yang ENDEUSiat kenal tak melulu berasal dari daerah di Indonesia. Ternyata banyak kue yang merupakan warisan kuliner dari Belanda.

Selain bangunan, peninggalan Belanda di Indonesia juga berupa warisan kuliner termasuk kue-kue. Ada banyak jenis kue yang populer di Indonesia yang ternyata merupakan warisan kuliner Belanda. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah kue keju atau Kaastengels, Nastar, Klappertaart, dan kue kering yang lain.

Selain beberapa kue di atas, kue yang menjadi warisan kuliner Belanda sudah banyak yang dimodifikasi agar tetap bisa mengikuti perkembangan zaman dan tidak punah. Berikut ini beberapa kue warisan kuliner dari Belanda yang populer di Indonesia hingga saat ini.

1/ Kue Cubit

Kue cubit adalah salah satu kue yang populer di Indonesia. Kue yang mirip dengan pukis ini disinyalir mempunyai kesamaan dengan Poffertjes atau pancake mini asal Belanda. Selain itu, orang Belanda zaman dahulu pernah membawa cetakan Poffertjes yang mempunyai bentuk sama dengan kue cubit. Dua kue ini sama-sama merupakan street food atau makanan yang dijajakan di pinggir jalan.

2/ Ontbijtkoek

Dari namanya sudah bisa ditebak bila kue yang satu ini bukanlah asli kue Indonesia. Ontbijtkoek merupakan salah satu kue peninggalan Belanda yang namanya tidak berubah. Kue yang satu ini sebenarnya adalah kue bolu atau juga biasa disebut dengan roti rempah. Bahan utama roti ini adalah bumbu rempah seperti biji pala, jahe, kayu manis, dan cengkeh. Tekstur Ontbijkoek ini tidak selembut roti bolu atau sponge cake namun cocok untuk dijadikan teman minum teh.

3/ Spiku

Spiku atau lebih dikenal sebagai lapis Surabaya ini ternyata juga merupakan salah satu kue warisan Belanda. Nama kue Spiku berasal dari kata Spekkoek, yang artinya adalah kue lapis legit. Yang membedakan kue spiku dan lapis legit adalah lapisannya. Kue lapis Surabaya hanya mempunyai tiga lapis saja sedangkan lapis legit terdiri dari banyak lapisan. Selain itu, rasa lapis legit lebih terasa rempahnya daripada lapis Surabaya.

4/ Kroket

Di bahasa Belanda, kroket disebut dengan ragout, yaitu sejenis olahan daging yang dibalut dengan tepung panir. Di Indonesia sendiri kue ini kemudian dimodifikasi dengan bahan kentang tumbuk dan diisi dengan isian sayuran dan daging yang kemudian sama-sama dibalut dengan tepung panir.

5/ Perkedel

Perkedel adalah salah satu lauk yang umum di Indonesia. Siapa sangka makanan yang satu ini juga merupakan warisan dari Belanda dengan nama asli Frikadeller. Di Belanda, makanan ini berbahan dasar kentang dan daging. Sebenarnya perkedel sendiri diadaptasi orang Belanda dari kuliner Denmark, yaitu makanan dari gorengan daging cincang. Di Indonesia, perkedel sudah banyak diadaptasi dengan modifikasi ikan, tahu, hingga jagung sebagai bahan utamanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.