Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kue manis dari Timur Tengah ini akan membuat siapapun yang menyantapnya tersenyum manis.

Kue dengan rasa manis memang banyak disukai orang. Makanan yang seperti ini biasanya disajikan sebagai dessert atau makanan penutup. Kue-kue manis tidak hanya digemari di Indonesia, di negara-negara Timur Tengah, makanan manis juga menjadi salah satu makanan yang digemari.

Berikut ini beberapa kue-kue manis asal Timur Tengah yang bisa membuat Endeusiast tersenyum manis.

1/ Baklava

Endeusiast mungkin sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Baklava adalah salah satu jenis kue manis yang berasal dari Turki. Makanan yang satu ini menjadi salah satu kue selebritis Indonesia. Baklava sebenarnya adalah sejenis kue pastry yang krispi dengan taburan kacang dan disiram dengan madu atau sirup manis. Kue manis yang satu ini mempunyai tekstur yang renyah dan manis ketika dimakan.

2/ Basbousa

Di daerah timur, timur Tengah, kue manis yang populer dan banyak disukai adalah basbousa. Makanan yang satu ini terbuat dari semolina dengan toping kacang. Basbousa ini disajikan dengan sirup manis yang terbuat dari campuran air mawar atau santan kelapa. Kue manis ini sangat cocok untuk disajikan ketika minum teh.

3/ Kunafa

Kue manis asal Timur Tengah yang juga banyak disukai adalah kunafa. Makanan yang satu initerbuat dari filo pastry dan tepung semolina. Kunafa biasanya dibuat dengan isian keju putih yang lembut dan terkadang buah-buahan seperti mangga.

Kue manis ini biasanya disajikan dengan lelehan sirup manis dan taburan kacang pistachio agar rasanya menjadi lebih manis. Di Indonesia, kanafa juga menjadi salah satu kue varian kue artis yang populer.

4/ Halva

Salah satu makanan pokok di Timur Tengah adalah halva. Makanan yang satu ini terbuat dari pasta biji wijen dan dibuat menjadi semacam manisan. Halva ini bisa langsung dimakana ataupun dibuat menjadi seperti selai dan dimakan dengan roti. Selain sebagai kudapan, halva ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan organ reproduksi dan juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

5/ Jalebi

Jalebi adalah salah satu makanan yang tidak hanya populer di Timur Tengah namun juga di Pakistan, India, dan juga negara sekitarnya. Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk seperti pretzel kecil dan digoreng dalam minyak yang banyak. Satu hal yang unik dari jalebi ini adalah adonan dituang langsung ke dalam minyak panas di atas wajan.

Sama halnya dengan baklava, jalebi kemudian juga direndam dengan sirup manis dengan jeruk agar rasanya menjadi lebih segar. Membentuk jalebi ini ternyata butuh keahlian lho. Karena kalau salah membentuk, jalebi tidak bisa berbentuk seperti pretzel kecil.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.