Ada banyak kue dan roti favorit di Indonesia. Tapi tahukah ENDEUSiast bila ada beberapa makanan favorit di Indonesia ternyata asalnya dari luar negeri

Kue dan roti adalah salah satu jenis kuliner yang juga sangat diminati masyarakat. Ada banyak jenis kue dan roti tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal kelezatannya hingga ke mancanegara.

Namun faktanya adalah tidak semua kue dan roti khas Indonesia adalah asli dari negeri sendiri. Masa penjajahan Belanda di Indonesia ternyata juga memberikan pengaruh pada kue dan roti yang selama ini kita kenal sebagai kudapan khas Indonesia. Berikut ini beberapa roti dan kue yang diadaptasi dari kue buatan luar negeri.

1/ Lapis legit

Lapis Legit adalah salah satu kue yang dinobatkan sebagai kue terenak di dunia. Kue ini sebenarnya adalah perpaduan antara rasa local dengan Eropa. Lapis legit ini juga sering disebut spekkoek, yang berarti kue berlapis-lapis. Kue ini menjadi jamuan favorit orang Belanda karena penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkih di dalamnya.

2/ Klapertart

Klapertart adalah salah satu ikon kuliner dari Manado. Makanan yang terdiri dari campuran tepung terigu, kelapa muda, telur, susu, dan mentega ini mempunyai tekstur yang lumer ketika dimakan.

Klapertart adalah tart kelapa yang dahulu pernah dibuat oleh para pedagang dari Belanda yang datang ke Indonesia khususnya di Manado. Sehingga sekarang kue ini menjadi kuliner ikon dari kota Manado.

3/ Roti ganjal rel

Roti yang juga dikenal sebagai roti gambang ini adalah salah satu roti khas dari Semarang. Roti ganjal rel ini mempunyai citarasa klasik namun tetap sedap. Sesuai namanya, roti ini mempunyai tekstur yang keras, mirip dengan ganjalan rel kereta api.

Meskipun mempunyai tekstur yang keras, siapa sangka bila sebenarnya resep roti ganjal rel ini adalah adaptasi dari resep kue Belanda.

4/ Kastengel

Kastengel adalah salah satu kue kering yang wajib ada ketika lebaran. Perpaduan rasa asin dan guring dengan taburan keju memang membuat kue ini sangat susah untuk ditolak. Meskipun kastengel adalah kue kering wajib saat lebaran, namun ternyata kue ini bukanlah berasal dari Indonesia. Kastengel sebenarnya adalah kue yang berasal dari Belanda dengan nama aslinya adalah Kaastengels.

5/ Kue nastar

Sama seperti kastengel, kue nastar adalah salah satu kue kering favorit saa tlebaran. Nastar ini ternyata juga merupakan adaptasi dari Belanda. Pada zaman dahulu, penjajah Belanda ingin menikmati kue khas Eropa yang umumnya berisi selai plum, blueberry, atau apel. Namun karena Indonesia adalah Negara tropis, jadi digunakanlah selai nanas sebagai isiannya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.