Kue khas India mana yang jadi favoritmu?

India memang terkenal dengan makanan yang kaya rempah-rempah, bahkan untuk kue dan kudapan juga menggunakan banyak rempah. Hal ini membuat kue khas India mempunyai rasa yang lezat dan berbeda dengan kue-kue dari negara lain. Bagi mereka yang pertama kali mencoba kue India mungkin akan terkejut dengan rasa dan aroma kue yang kuat. Berikut ini beberapa kue khas India yang bisa bikin ketagihan.

1/ Samosa

Samosa adalah salah satu kue khas India yang sangat populer hingga ke negara di luar India. Kue yang satu ini berbentuk segitiga yang terbuat dari tepung terigu dengan isian daging, kentang, kacang, dan sebagainya yang telah dibumbui. Kulit samosa terbuat dari tepung terigu yang sudah dipipihkan.

Kalau di Indonesia, kulit samosa ini mirip dengan kulit pastel. Di India, samosa ini biasanya disajikan dengan chutney, semaca kuah pedas yang menyengat.

2/ Jagung Masala

Jagung masala adalah salah satu kue kesukaan anak-anak di India. Kue yang satu ini terbuat dari jagung pipil yang sudah direbus dan diberi bumbu-bumbu seperti mentega, oregano, cabai bubuk, dan sebagainya. Rasa jagung masala ini cenderung pedas tergantung seberapa banyak cabai yang digunakan.

Bila dilihat sekilas, jagung masala ini mirip dengan olahan jagung susu keju yang ada di Indonesia ya.

3/ Momo

Momo adalah serupa dimsum yang biasa ditemukan di India. Kue yang satu terbuat dari adonan tepung terigu untuk kulitnya dan sayuran sebagai isiannya. Momo biasa dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang sesuai dengan selera. Sama halnya dengan samosa, momo juga biasanya disajikan dengan chutney yang rasanya pedas serta dihidangkan sebelum makanan utama atau appetizer.

4/ Pakora

Pakora adalah kue dengan konsep gorengan seperti yang ada di Indoensia. Kue yang satu ini terbuat dari sayuran atau makanan lain yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga garing. Berbeda dengan gorengan yang ada di Indonesia , pakora ini terbuat dari bawang, cabai, terung, kembang kol, dan sebagainya.

Pakora ini biasanya disajikan sebagai camilan ketika berkumpul keluarga.

5/ Gulab Jamun

Gulab jamun adalah salah satu kue India dengan citarasa manis yang banyak disukai orang. Kue yang satu ini terbuat dari susu yang sudah diproses sehingga aroma susunya kuat. Gulab jamun kemudian dimasak perlahan dengan sirup gula sehingga tampilannya mengkilap dan legit.

6/ Dosa

Dosa adalah salah satu pancake atau kue dadar khas India. Kue yang satu ini biasanya dibuat dengan rasa tawar dan disajikan dengan saus manis untuk sarapan dan saus pedas untuk makan malam. Dosa ini dibuat dari adonan tepung beras yang dimasak di atas wajan datar secara tipis-tipis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.