Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kira-kira apa saja kue dan camilan khas negara di Asia?

Kue dan camilan adalah salah satu kuliner favorit banyak orang untuk dinikmati ketika lapar di sela-sela jam makan. Kue dan camilan ini biasanya dijual di pedagang kaki lima dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya di Indonesia, kue dan camilan seperti ini juga banyak ditemui di negara-negara Asia. Berikut ini beberapa kue dan camilan khas dari negara Asia yang tidak kalah lezat.

1/ Montad Chuame

Montad chuame adalah salah satu kue khas Thailand yang terbuat singkong. Di Indonesia sendiri kue yang satu ini lebih dikenal sebagai singkong Thailand. Sebenarnya montad chuame ini mirip dengan kolak singkong yang ada di Indonesia hanya saja pembuatan dan cara penyajiannya berbeda. Singkong untuk montad chuame ini direbus dengan gula dan daun pandan hingga empuk. Setelah itu, singkong rebus ini disajikan dengan kuah santan yang kental. Rasa montad chuame ini manis dan gurih serta beraroma harum dari daun pandan.

2/ Mochi

Mochi adalah salah satu kue asal Jepang yang juga populer di Indonesia. Kue mochi ini terbuat dari tepung ketan atau beras ketan yang ditumbuk hingga teksturnya lembut. Di Jepang, kue mochi dibuat pada acara tradisional yang disebut Mochitsuki atau ketika awal tahun baru. Pada awalnya kue mochi ini hanya dibentuk segitiga saja namun kemudian dibuat bervariasi dengan berbagai isian rasa seperti cokelat, stroberi. hingga es krim.

3/ Roti Canai

Roti canai atau dikenal sebagai roti Maryam adalah roti yang berasal dari Arab. Roti yang satu ini berbentuk pipih dengan lapisan yang melingkar sebagai polanya. Biasanya roti canai ini dihidangkan dengan gulai daging. Namun roti canai kini semakin berkembang dan dibuat dengan banyak topping kekinian.

4/ Banh Chuoi

Banh chuoi adalah salah satu kue khas Vietnam yang berbahan dasar pisang. Sekilas kue yang satu ini terlihat seperti cake pisang. Bahan utama untuk membuat kue ini adalah pisang, santan, hula, roti, susu kental manis, dan bahan lainnya. Di Vietnam, ada 2 jenis Banh chuoi yaitu banh chuio nuong atau cake pisang yang dipanggang dan banh chuoi hap atau cake pisang yang dikukus dan dibuat dari tepung beras. Kue pisang ini disajikan dengan santan dan kacang panggang.

5/ Sanwin Makin

Di Myanmar ada salah satu kue tradisional yang biasa dihidangkan sebagai makanan penutup yaitu sanwin makin . Kue yang satu ini dibuat dari semolina atau gandum, kelapa. gula, dan mentega. Kue yang satu ini mempunyai rasa manis dan gurih yang bikin ENDEUSiast ketagihan. Sanwin makin ini bisa dinikmati ketika hangat ataupun ketika sudah dingin.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.