Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Yuk coba olahan kue beras dari Korea Selatan, yang tak kalan lezat dari Tteokbokki.

Kue beras atau tteok adalah salah satu makanan dari Korea Selatan yang berbahan dasar beras, baik dalam bentuk tepung ataupun beras. Salah satu olahan kue beras yang paling populer di Korea Selatan adalah tteokbokki karena sangat sering muncul dalam serial drama dan variety shows.

Beras yang biasanya digunakan untuk kue beras adalah beras ketan dalam bentuk tepung dan beras. Selain tteokbokki , ada banyak jenis kue beras lain yang tidak kalah lezat dari Korea Selatan.

1/ Songpyeon

Songpyeon adalah olahan kue beras yang populer untuk sajian Chuseok atau thanksgiving di Korea. Kue beras yang satu ini berbentuk bulan sabit dengan bermacam-macam isian seperti pasta kacang merah, kacang kedelai, dan sebagainya. Satu hal yang unik dari songpyeon ini adalah dikukus dan disajikan dengan dialasi daun pinus agar kue beras tidak lengket di piring. Agar lebih menarik, songpyeon ini juga dibuat dengan aneka macam warna.

2/ Gyeongdan

Gyeongdan ini penampilannya sekilas mirip dengan klepon di Indonesia. Kue beras yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk bola dengan berbagai macam isian seperti kacang tanah dan kacang merah. Kemudian bola-bola gyeongdan direbus hingga matang. Setelah matang, gyeongdan kemudian dilapisi dengan tepung yang terbuat dari kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah, ataupun tepung teh hijau.

3/ Injeolmi

Kue beras dari Korea Selatan yang tidak kalah lezat adalah Injeolmi. Kue yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan yang disiram dengan air panas, gula dan garam. Adonan injeolmi ini kemudian ditumbuk dengan kuat hingga kenyal. Setelah adonan siap, injeolmi kemudian dipotong kecil-kecil dan dilumuri dengan bubuk kacang tanah, wijen, dan kedelai. Kue beras yang satu ini mempunyai tekstur lembut dan kenyal seperti kue mochi. Injeolmi ini biasa disajikan ketika acara khusus karena melambangkan ikatan yang erat.

4/ Youngyang Chaltteok

Youngyang chaltteok adalah kue beras yang dibuat dari tepung beras ketan. Makanan yang satu ini dicampur dengan kacang-kacangan, labu, buah, dan sebagainya. Semua bahan untuk youngyang chaltteok diaduk rata dan kemudian di kukus selama 30 menit. Setelah matang dan dingin, kue beras diiris tipis dan siap disajikan.

5/ Hwajeon

Hwajeon adalah salah satu kue beras dengan penampilan paling cantik. Kue beras yang satu ini dibuat seperti pancake dan diberi taburan bunga azalea atau lainnya. Hwajeon ini mempunyai rasa yang manis dengan tampilan yang menarik. Kue beras ini biasanya disajikan pada acara festival musim semi karena menggunakan bunga-bunga yang cantik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.