Kreasi Resep Masakan yang Terbuat dari Sisa Bumbu dan Sambal
Kreasi Resep Masakan yang Terbuat dari Sisa Bumbu dan Sambal

Resep masakan untuk di rumah tidak harus menggunakan bumbu yang masih baru. Salah satunya dengan memanfaatkan sisa bumbu makanan atau sambal!

Resep masakan untuk di rumah tidak harus menggunakan bumbu yang masih baru. Salah satunya dengan memanfaatkan sisa bumbu makanan atau sambal!

Bagi ENDEUSiast yang sibuk dengan aktivitas diluar rumah pasti merasa kesulitan untuk selalu bisa membuat makanan setiap harinya dirumah. bahkan makanan yang kemarin saja belum tentu habis dan sisanya akan disimpan di kulkas atau malah dibuang.

Daripada bumbu kemarin terbuang sia-sia lebih baik diolah menjadi hidangan yang baru lagi. Tidak hanya bumbu, bila ENDEUSiast punya sambal maka bisa dimanfaatkan juga. Kira-kira apa saja kreasi masakan yang menggunakan sisa bumbu dan sambal kemarin? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Sisa Sambal Hijau

Bagi ENDEUSiast yang kemarin menyantap makanan padang dan masih ada sisa sambal hijaunya, jangan langsung dibuang ya. Sisa sambal hijau bisa ENDEUSiast kreasikan menjadi hidangan baru nasi goreng sambal hijau .

aranya mudah, ENDEUSiast hanya perlu menumis bumbu nasi goreng seperti bawang merah, bawang putih hingga harum lalu masukkan sambal hijau dan tumis lagi hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu masukkan nasi putih dan aduk hingga merata. Lebih nikmat lagi bila dihidangkan bersama dengan telur ceplok dan lalapan agar semakin meningkatkan selera makan ENDEUSiast.

2/ Sisa Bumbu Rendang

Rendang yang ENDEUSiast punya sudah tidak ada dagingnya lagi? Jangan dibuang dulu, masih bisa diolah menjadi hidangan yang lain. Hampir sama dengan nasi goreng diatas, kreasi hidangan yang satu ingin menggunakan nasi yang dicampur dengan bumbu rendang dan ditambahkan telor lalu ditumis.

Masukkan bumbu penyedap seperti garam, gula, merica untuk memperkuat citra rasa dari hidangan tersebut. ENDEUSiast juga bisa mencampurkan beragam sayuran agar terdapat nilai gizinya.

3/ Sisa Bumbu Kacang Sate

Setelah makan sate tetapi bumbu kacangnya masih ada? Jangan bingung karena dari sisa bumbu kacang sate, ENDEUSiast bisa mengolahnya menjadi bumbu untuk pecel sayuran. Haluskan cabai merah dan kencur lalu campurkan dengan bumbu kacang sate tadi. Untuk memberikan sensasi yang segar, bisa tambahkan sedikit air asam jawa. Aduk semua bahan tersebut dan cicipi rasanya.

Jika dirasa sudah pas maka ENDEUSiast bisa menuangkan bumbu tersebut pada sayuran yang telah ENDEUSiast rebus.

Sekarang ENDEUSiast harus berfikir 2 kali bila ingin membuang sisa bumbu atau sambal yang ada dirumah karena ternyata ada banyak resep masakan praktis yang menggunakan bahan sisa kemarin. ENDEUSiast yang tidak punya banyak waktu masak dirumah, bisa memanfaatkan bahan yang ada. Tetapi pastikan bahwa semua bahan tersebut masih layak dikonsumsi ya, jangan sampai mengolah makanan yang sudah basi.

Endeustorial

Ikuti Instagram