Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kreasi resep masakan sehari-hari cukup banyak digemari karena biasanya adalah masakan rumahan yang selalu sukses bikin kangen rumah.

Jamur merupakan salah satu bahan makanan rumahan yang biasa disajikan oleh para ibu di rumah. Jamur sebagai resep masakan sehari-hari menjadi membuat kangen ketika orang sedang berada jauh dari rumah.

Salah satu jenis jamur yang banyak diolah adalah jamur merang. Berbagai masakan menggunakan bahan pelengkap dari jamur ini. Meskipun sajian dari jamur merang bisa kita temukan dengan mudah di berbagai rumah makan, tapi kita ternyata bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bagi kita yang masih bingung mau diolah seperti apa jamur merang ini, berikut adalah beberapa resep masakan yang bisa kita buat sendiri di rumah sebagai obat kangen rumah.

1. Sup jamur merang

Mau menyajikan menu makan siang dengan bahan dari jamur merang? Maka pilihlah sup jamur merang. Resep jamur ini sangat baik untuk mengumpulkan energi di siang hari. Apalagi bila disajikan dalam keadaan hangat maka akan terasa sangat menyegarkan.

Pertama-tama, kita harus membuat kaldu ayamnya terlebih dahulu agar terasa sensasi segarnya. Setelah kaldunya keluar, saring menggunakan sendok agar airnya kembali bening. Masukkan irisan daun bawang dan biarkan kaldu matang.

Sembari menunggu matang, kita bisa memarkan jahe dan mengiris bawang putih. Tumis bahan tersebut dengan sedikit minyak hingga tercium aroma wangi. Masukkan tumisan ke dalam air rebusan kaldu, lalu aduk rata.

Terakhir, barulah masukkin potongan daging ayam dan masak hingga matang. Kita bisa menambahkan isian sup dengan aneka sayuran seperti jamur merang dan wortel.

2. Pepes jamur merang

Sajian pepes banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih. Meskipun hanya menggunakan bahan utama jamur merang, rasanya sudah pasti lezat loh!

Untuk membuat pepes jamur merang juga nggak begitu sulit. Kita hanya perlu menyiapkan jamur merang yang udah dibelah menjadi dua atau tiga bagian lalu iris daun bawang.

Siapkan juga bumbu halusnya yaitu cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam. Haluskan semua bahan tersebut lalu campur dengan tahu yang telah dihaluskan dan jamur yang sudah dipotong.

Untuk membungkus adonan, gunakan daun pisang dan beri tambahan daun kemangi agar aroma masakannya menjadi wangi. Untuk lebih lengkapnya, bisa kita lihat di resep pepes jamur ini untuk tau cara membuatnya.

3. Tumis jamur merang

Sajian yang satu ini memang sederhana tetapi cukup mudah bagi kita yang ingin masak secara praktis dan nggak membutuhkan banyak waktu. Cara membuatnya cukup dengan memotong jamur menjadi dua atau tiga bagian lalu rebus sebentar sekitar lima menit.

Siapkan bumbu seperti cabai, bawang putih, bawang merah, tomat dan daun bawang lalu iris halus. Kita tinggal menumis seperti pada umumnya.

Tambahkan saus tiram, gula dan garam sebagai penyedap rasa. Aduk merata hingga semua bahan dan bumbu tercampur merata. Jika udah matang, tumis jamur merang siap disajikan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya