Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Minuman segar seperti es teh bisa kamu kreasikan dengan berbagai pilihan isian ini agar rasanya lebih enak dan nggak seperti biasanya.

Saat puasa kemarin pasti kita lebih senang menyajikan minuman segar saat berbuka puasa, salah satunya adalah es teh. Minuman sederhana ini terbuat dari seduhan air teh yang diberi tambahan gula agar rasanya lebih manis dan juga es batu.

Untuk jenis tehnya, bisa menggunakan teh dari berbagai merek lokal yang bisa kita temukan di pasaran. Jika ingin lebih praktis, bisa juga menggunakan teh kantong atau teh celup. Keduanya tetap bisa dipakai, tergantung kita suka yang mana.

Kita juga bisa memberikan sedikit tambahan beberapa bahan lain untuk menghasilkan kreasi es teh yang berbeda nan menyegarkan. Bisa dari buah-buahan segar maupun biji-bijian yang bisa membuat es teh buatan kita semakin enak.

Pertama-tama, untuk membuat es teh manis kita harus menyeduh tehnya terlebih dahulu. Bila menggunakan teh tubruk maka takarannya sekitar 4 sdm daun teh hitam dengan 500 ml air panas. Bila menggunakan teh celup maka sediakan 1 hingga 4 kantong teh celup dengan 500 ml air panas. Bisa disesuaikan juga dengan jumlah orang yang menikmatinya ada di rumah.

Tahap selanjutnya adalah memberikan aneka tambahan bahan dengan berbagai rasa. Nggak hanya jeruk nipis maupun lemon, beberapa bahan di bawah ini bisa kamu coba.

1. Nata De Coco

Tekstur kenyal dan manis dari nata de coco sangat cocok dipadukan dengan es teh manis. Ada banyak sekali produk kemasan yang bisa kita cari di supermarket terdekat. Sebelum dimasukkan ke dalam teh, tiriskan nata de coco terlebih dahulu lalu potong menjadi bagian kecil.

Siapkan seduhan air teh hitam kental. Masukkan sirup atau gula untuk pemberi rasa manis. Baru setelah itu tambahkan nata de coco atau lidah buaya yang telah dipotong tadi. Jangan lupa tambahkan es batu agar es teh terasa dingin menyegarkan.

2. Buah segar

Minuman es teh manis yang segar biasanya diberi tambahan jeruk lemon maupun jeruk nipis. Namun, bila kamu ingin yang berbeda maka bisa pilih jenis buah lainnya seperti leci, stroberi, melon, semangka atau blewah.

Cara pembuatannya sama, kamu perlu menyeduh teh terlebih dahulu baru beri tambahan potongan buah segar sesuai selera. Campur semua bahan menjadi satu dan tunggu sesaat hingga dingin.

3. Rempah

Ada beberapa jenis rempah yang bisa diolah menjadi sajian minuman, contohnya adalah serai, kayu manis dan jahe. Untuk bisa menghasilkan aroma yang kuat, sebelum dicampur ke dalam seduhan teh maka rempah-rempah tersebut harus direbus terlebih dahulu hingga mendidih. Barulah setelah itu bisa dicampurkan bersama dengan teh hitam.

Kreasi minuman segar lainnya yang bisa kita coba yaitu es teh pandan lemon . Dijamin bisa langsung menyegarkan tubuh sesaat ketika meminumnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya