Masakan berbahan nasi sisa bisanya adalah nasi goreng. Namun kalau bosan dengan nasi goreng, coba beberapa olahan berbahan nasi sisa ini.

Masakan berbahan nasi sisa yang paling umum adalah nasi goreng. Sebagian besar orang memanfaatkan nasi sisa dengan dijadikan nasi goreng karena mudah dan rasanya lezat. Selain nasi goreng, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan nasi sisa. Masakan menggunakan nasi sisa juga tidak termasuk masakan yang susah dibuat. Berikut ini beberapa olahan nasi sisa yang bisa ENDEUSiast coba sehingga tidak perlu lagi membuang nasi.

1/ Kroket Nasi Keju

Di Italia, ada satu masakan yang bernama Arancini atau bola-bola nasi. Masakan yang satu ini sangat mudah dibuat yaitu nasi yang dibentuk bola dan diberi isian keju. Kemudian bola-bola nasi dicelupkan dalam kocokam telur dan tepung panir. Setelah itu, goreng bola-bola nasi hingga matang. ENDEUSiast bisa berkreasi dengan bahan-bahan lain seperti mencampur kornet dan sayuran kedalam bola-bola nasi.

2/ Bubur Ayam

Bubur ayam atau biasa disebut dengan congee adalah salah satu masakan yang sempat ngetren beberapa tahun belakangan. Makanan yang berbahan dasar bubur beras dengan t Topping ayam ini merupakan salah satu makanan yang cocok untuk sarapan. ENDEUSiast juga bisa membuat bubur ayam ini dengan menggunakan nasi sisa. Cukup rebus semangkuk nasi dengan kaldu ayam selama 20-30 menit menggunakan api kecil. Masak hingga nasi hancur dan menjadi bubur sambil terus diaduk-aduk. Kemudian sajikan bubur dengan daging ayam suwir atau abon, cakwe, dan bawang goreng.

3/ Pancake Nasi

Pancake nasi adalah satu olahan nasi sisa yang lezat dan sangat mudah dibuat. Masakan ini sekilas terlihat seperti bakwan namun berbahan dasar nasi. Untuk membuat pancake nasi ini ENDEUSiast hanya memerlukan nasi sisa dan beberapa sayuran seperti daun bawang dan wortel. Potong daun bawang dan wortel menjadi kecil-kecil dan campurkan pada nasi. Campurkan telur pada adonan dan goreng pancake pada wajan hingga kecoklatan.

4/ Pakora

Hampir mirip dengan pancake nasi, pakora adalah bakwan nasi yang berasal dari India. Cara pembuatan pakora hampir sama dengan pancake nasi hanya saja bumbu yang digunakan berbeda. Pakora menggunakan bumbu-bumbu seperti kunyit, ketumbar, jintan, jahe, cabai, daun bawang, dan juga daun ketumbar cincang. Bila pancake nasi ini menggunakan telur sebagai perekat, namun pakora menggunakan tepung maizena sebagai pelengkapnya.

5/ Kerupuk Nasi

Salah satu olahan nasi yang juga populer di Indonesia adalah kerupuk nasi atau kerupuk gendar. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang berbahan dasar nasi sisa. Membuat kerupuk gendar ini juga sangat mudah yaitu nasi sisa dihancurkan dan dicampur dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu. Kemudian nasi sisa dibentuk dan dikukus hingga matang. Setelah dingin, kerupuk bisa diiris kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering barulah kerupuk bisa digoreng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.