Capcay adalah salah satu hidangan favorit di restoran Chinese food. Makanan yang satu ini sudah dibuat berbagai macam kreasinya.

Capcay adalah salah satu hidangan yang dibuat dari berbagai macam sayuran yang dimasak dengan cara tumis. Makanan yang satu ini dipercaya berasal dari Tiongkok dan kemudian menjadi populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kreasi capcay yang dipengaruhi oleh kekayaan kuliner di setiap daerah.

Capcay ini adalah salah satu makanan sehat karena terdiri dari sayuran dengan berbagai warna. Sehingga capcay mengandung banyak vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa kreasi capcay yang sering dibuat di Indonesia.

1/ Capcay Seafood

Capcay seafood adalah salah satu kreasi capcay yang digemari banyak orang. Seafood memberikan rasa gurih umami alami yang membuat sayuran dalam capcay menjadi lebih sedap. Ada banyak jenis seafood yang bisa dimasukkan dalam capcay seperti udang, cumi, kerang, dan sebagainya. Biasanya capcay seafood mempunyai harga yang lebih mahal dari capcay biasa karena pengaruh dari harga seafood.

2/ Capcay Vegetarian

Capcay vegetarian adalah sebutan untuk capcay yang tidak menggunakan protein apapaun di dalamnya. Capcay ini hanya terdiri dari sayuran saja tanpa tambahan protein. Meskipun hanya sayuran saja namun rasa capcay ini tetap sedap. Hal ini karena penggunaan saus-saus seperti kecap asin dan minyak wijen untuk menambah sedap capcay. Selain itu, capcay jenis ini juga sangat cocok bagi mereka yang sedang berdiet karena mengandung banyak jenis sayuran.

3/ Capcay Jawa

Capcay Jawa adalah salah satu olahan capcay yang sudah disesuaikan dengan lidah orang Jawa. Capcay Jawa ini menggunakan olahan tepung terigu yang digoreng atau disebut kekian. Kekian ini seringkali ditambahkan dalam capcay Jawa untuk variasi rasa. Sehingga kekian akan terasa kenyal diantara sayuran yang renyah.

Selain itu, capcay jawa juga menggunakan kecap sebagai salah satu bumbunya sehingga mempunyai rasa yang manis legit dan berwarna coklat. Kecap ini adalah salah satu ciri masakan Jawa yaitu manis. Capcay jawa juga menggunakan taburan seledri saat hidangan hendak disajikan.

4/ Capcay Cah

Capcay cah adalah perpaduan dari capcay goreng dan kuah atau bisa dikategorikan sebagai capcay dengan kuah sedang. Isi dari capcay ini sama dengan capcay pada umumnya hanya saja kuahnya tidak terlalu banyak. Selain itu, kuah capcay cah ini juga menggunakan maizena atau kanji agar kuahnya menjadi kental.

ENDEUSiast pun bisa membuat capcay kreasi sendiri berdasarkan bahan-bahan yang ada di rumah ataupun favorit ENDEUSiast sendiri. Yang terpenting adalah ENDEUSiast menggunakan bahan-bahan yang segar dan masak capcay dengan cara yang benar sehingga capcay bisa selezat di restoran.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.