Bakmi merupakan santapan favorit masyarakat Indonesia. Beberapa daerah pun ada yang menjadikan bakmi sebagai makanan khas, seperti contoh berikut.

Kuliner bernama bakmi yang terbuat dari mie sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia melainkan berasal dari negara Tiongkok. Berhubung banyak pedagang Tiongkok yang menetap di Indonesia maka kini bakmi sudah banyak dikreasikan dengan menggunakan bumbu khas Indonesia sehingga terjadi perubahan rasa.

Bahan yang digunakan tetap menggunakan mie hanya saja citra rasanya menjadi ala nusantara. Ingin tahu varian mie apa saja khas bumbu Indonesia? Mari simak daftarnya di bawah ini.

1/ Bakmi Bangka

Bakmi yang satu ini cukup terkenal karena kuah kaldunya yang kental dan meresap hingga ke dalam bakmi. Bagi ENDEUSiast pecinta bakmi Bangka pasti sudah bisa tau itu adalah bakmi Bangka hanya dari aromanya saja.

Ciri khas dari bakmi yang satu ini adalah penggunaan tauge sebagai isiannya. Tidak lupa ada potongan daging ayam dan sayur agar semakin melengkapi isian bakmi Bangka.

2/ Bakmi Jawa

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya bakmi jawa. Bakmi yang berasal dari Kota Pelajar Yogyakarta ini memang jika dilihat sekilas tidak menarik perhatian. Tetapi dibalik tampilannya yang kurang menarik ada rasa yang sangat menggugah selera.

Untuk mencicipinya, ENDEUSiast bisa pilih bakmi jawa goreng atau bakmi jawa rebus. Jika suka bakmi dengan rasa yang manis maka bisa memilih bakmi jawa goreng karena bumbunya menggunakan kecap.

3/ Mie Cakalang

Kreasi mie lainnya khas bumbu Indonesia adalah mie cakalang. Bagi ENDEUSiast yang sedang berkunjung atau berlibur di Manado jangan lewatkan untuk mencicipi hidangan yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, mie khas Manado ini menggunakan ikan cakalang sebagai bahan utamanya. Soal rasa tidak perlu ditanya lagi, pasti akan terasa pedas karena disesuaikan dengan ciri khas masakan Manado yang kebanyakan bercita rasa pedas.

4/ Mie Lendir

Dari Manado mari kita beralih ke Batam. Ada salah satu kuliner khasnya yang cukup terkenal yaitu mie lendir. Jika dilihat dari namanya mungkin ENDEUSiast akan merasa jijik untuk pertama kalinya. Tetapi arti dari lendir disini adalah karena menggunakan saus kacang sehingga membuat mie ini terasa lengket ketika dimakan.

Untuk rasanya sangat lezat perpaduan antara gurih dan manis dari saus kacang membuat siapapun ketagihan. Bila ENDEUSiast berkunjung ke Batam jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya mie lendir.

Sekarang ENDEUSiast sudah tahu kan bakmi dan masakan sejenisnya yang bahan utamanya adalah mie dan dikreasikan sehingga menjadi masakan khas Indonesia yang lezat. Masakan mie lainnya yang bisa ENDEUSiast coba adalah mie aceh. Selamat berwisata kuliner ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.