Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kopi instan mulai digemari sebagai pengganti kopi bubuk. Kira-kira jenis kopi mana yang lebih menarik?

Minum kopi adalah salah satu tradisi yang masih dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dengan antusiasme orang-orang dalam minum kopi, industry kopi berlomba membuat produk kopi yang praktis. Kopi instan adalah salah satu produk olahan kopi yang praktis, mudah dibuat, dan tidak membutuhkan mesin khusus. Namun di antara kopi instan dan kopi asli, mana yang lebih baik?

1/ Bahan Pembuatan

Kopi bubuk dibuat dari biji kopi yang dipanggang dan kemudian digiling hingga menjadi bubuk. Setelah itu bubuk kopi bisa diseduh dengan air dan dihidangkan. Namun, kopi instan tidak sepenuhnya menggunakan biji kopi yang alami karena sudah dicampur dengan beberapa zat kimia. Proses produksi kopi instan ini sudah didesain secara rumit sehingga bisa dibuat dalam waktu yang singkat.

Selain itu, kopi instan nyatanya tidak menggunakan 100% kopi namun mengandung perasa kopi. Hal ini karena untuk menekan biaya produksi sehingga kopi instan bisa dijual dengan harga yang murah. Perasa kopi ini hanyalah satu dari sekian banyak zat kimia yang digunakan dalam pembuatan kopi instan.

2/ Kandungan Antioksidan

Kopi yang alami menggunakan antioksidan yang kaya dengan asam klorogenat. Zat alami ini membantu melindungi tubuh dari radikal bebas serta membantu melawan penuaan. Sebaliknya, karena kopi instan tidak dibuat dari 100% biji kopi, kopi instan tidak mengandung antioksidan yang diperlukan untuk tubuh. Banyak orang yang juga melaporkan bila konsumsi kopi instan dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan resiko asam lambung.

3/ Pengalaman Menyeduh Kopi

Selain nikmatnya minum kopi, salah satu kenikmatannya adalah proses menyeduh kopi. Proses menyeduh kopi ini menjadi salah satu proses yang menantang karena ENDEUSiast bisa bereksperimen dengan rasio biji kopi dan air hingga bahan-bahan tambahan lain seperti susu dan krim. Namun kalau ENDEUSiast membuat kopi instan, ENDEUSiast tidak bisa bereksperimen dengan hal tersebut karena kopi instan hanya butuh diseduh saja.

4/ Eksplorasi Kopi

Selain pengalaman menyeduh kopi, rasa kopi instan hanya terbatas pada satu rasa kopi saja. Bahkan beberapa brand kopi instan mempunyai rasa yang sama. Kalau ENDEUSiast menggunakan biji kopi asli, ENDEUSiast bisa bereksplorasi dengan rasa kopi yang diinginkan. Hal ini karena beda cara penyeduah dan rasio kopi dan air menghasilkan rasa kopi yang berbeda.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.