Pemilihan daging ayam yang segar sangat penting untuk membuat makanan yang berkualitas.

Bagi ENDEUSiast yang pergi ke pasar untuk membeli daging ayam pasti menginginkan yang memiliki kualitas baik dan masih segar. apalagi banyak beredar berita tentang flu burung dan juga pedagan nakal yang menjual ayam tiren (ayam mati kemaren). Bila salah memilih daging ayam, dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan kita.

Maka untuk amannya, belilah ayam mentah yang masih segar sesuai dengan standar ciri-ciri dari kualitas daging yang baik. Sebelum terlanjur salah memilih, sebaiknya perhatikan tips di bawah ini agar mendapatkan daging ayam dengan kualitas terjamin.

1/ Warna

Salah satu kunci utama untuk bisa mengetahui apakah daging ayam tersebut masih segar atau tidak adalah dari warnanya. Daging ayam segar memiliki warna merah muda cerah.

Perhatikan pada warna kulit dan dagingnya, jika berwarna putih kemerahan itu artinya daging ayam tersebut masih segar. namun, bila ENDEUSiast menemukan daging ayam yang memilki warna abu-abu kehitaman, jangan dibeli karena sudah pasti itu ayam kemarin.

2/ Darah

Selain warna, perhatikan juga darah pada ayam tersebut. Ayam segar tentu tidak akan mengeluarkan terlalu banyak darah. Namun sebaliknya, bila pada daging ayam tersebut masih banyak darah kemungkinan dipotong dengan cara yang kasar. ENDEUSiast harus hati-hati karena daging ayam dengan ciri tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terkontaminasi oleh bakteri.

Banyaknya darah pada ayam bisa juga dikarenakan sudah mengalami proses pembekuan dan pencairan berulang kali dan itu artinya ayam tersebut tidak segar.

3/ Tekstur Daging

Tidak hanya dilihat dari tampilannya saja, ENDEUSiast juga harus memeriksa tekstur dari daging ayam yang mau dibeli. Daging ayam yang masih segar memiliki tekstur yang padat dan kenyal.

Jangan pilih ayam yang dagingnya bila ditekan lembek, berair dan mudah hancur. Apalagi bila daging tersebut terlalu keras, bisa saja penjualnya telah menyuntikkan cairan kedalam daging agar terlihat lebih berisi dan berat pada saat ditimbang.

4/ Aroma tak sedap/bau

Terakhir adalah dari baunya. ENDEUSiast pasti sudah bisa mengerti kualitas daging ayam dari baunya, daging ayam yang masih segar tentu tidak akan menimbulkan bau dan sebaliknya pula, bila ENDEUSiast mendapati bau yang kurang sedap pada daging ayam tersebut berarti menandakan bahwa kualitasnya tidak bagus.

Jadi bagi ENDEUSiast yang hendak membuat ayam bakar saus barbeque jangan sampai salah memilih daging ayamnya karena itu akan menentukan hasil akhir dari olahan ayam bakar ENDEUSiast. Semoga tips di atas dapat membantu ENDEUSiast untuk menentukan daging ayam yang berkualitas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.