Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Saus gula merah terkenal sebagai pemanis dalam berbagai hidangan tradisional. Bagaimana tips sukses membuat saus gula merah nan legit ini?

Gula merah adalah salah satu pelengkap yang seringkali digunakan sebagai pemanis di dalam berbagai makanan. Selain digunakan secara langsung, gula merah juga kerap diolah menjadi saus untuk melengkapi hidangan seperti bubur, es dawet , es pisang ijo , serabi, dan sebagainya.

Demi alasan kepraktisan, ENDEUSiast sah-sah saja membuat saus ini dalam jumlah banyak dan disimpan ke dalam lemari pendingin. Sebelum memulai membuat, pastikan dulu yuk bagaimana langkah-langkah membuat saus gula merah yang legit!

1/ Menggunakan Gula Merah Berkualitas

Untuk menghasilkan saus gula merah yang nikmat dan legit, pastikan membuatnya menggunakan gula merah yang berkualitas baik. Gunakan gula merah dengan warna coklat tua dan tidak pucat maupun hitam dengan tekstur tidak terlalu keras dan mengkristal. Gula merah dengan tekstur seperti itu hanya akan membuatnya sulit dihancurkan.

Untuk mengecek gula merah yang berkualitas, cobalah memotongnya. Gula merah yang baik akan sedikit lengket di pisau, sedangkan yang palsu akan berpasir saat dipotong.

2/ Memotong Gula Merah

Gula merah biasa dijual dalam bentuk bongkahan. Karenaitu, sebaiknya sebelum direbus gula merah harus dipotong kecil-kecil terlebih dahulu dengan tujuan agar lebih mudah mencair. Gula merah yang tidak dipotong akan lebih sulit mencair dan akibatnya, akan menempel di dasar panci, berpotensi gosong dan menimbulkan bau asap yang akan mengurangi kenikmatannya.

3/ Didihkan Menggunakan Api Kecil

Masaklah gula merah bersama air di dalam panci dengan perbandingan 2:1ke dalam panci. Masukkan beberapa helai daun pandan yang disobek dan diikat untuk memberikan aroma pada sausnya. Gunakan api kecil dan aduk sesekali agar sisa gulanya tidak menempel di dasar panci

4/ Tambahkan Aroma

Saus gula merah yang identik dengan hidangan tradisional, akan lebih nikmat saat ditambahkan dengan aroma daun pandan.

5/ Saring dan Simpan

Untuk menjamin kebersihannya, saringlah saus gula sebelum disimpan. Saat dicairkan, gula merah cenderung memiliki banyak kotoran. Terlebih jika ENDEUSiast membelinya di sembarang warung yang belum tahu kebersihannya.

Gunakan saringan yang halus dan berbahan stainlees steel, agar saringan tidak leleh. Simpan ditempat yang aman dan mudah dibersihkan dan tutup rapat. ENDEUSiast bisa menyimpannya di dalam kulkas agar lebih awet. ENDEUSiast bisa menggunakannya kapan pun.

Saus gula merah tak hanya digunakan sebagai pendamping makanan saja, namun juga bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir. Coba deh pasti rasa masakanmu akan berbeda saat mengganti gula pasir dengan gula jawa.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.