KUPAS Endeus alias acara Endeus berkumpul bersama komunitas dengan melakukan berbagai kegiatan yang dilaksanakan satu kali di tiap bulannya

KUPAS Endeus kembali diselenggarakan pada 23 Februari kemarin. Mengambil tema “bekal sehat untuk yang tersayang,” kali ini diramaikan oleh Bloggercrony Community, dan juga Alfani seorang bento dekorator sebagai pembicara.

Kali ini Endeus bersama komunitas Bloggercrony Community mengadakan acara KUPAS Endeus dengan tema “Bekal sehat untuk yang tersayang,” dengan menggandeng Alfani sebagai mentor. Pemilihan wanita pemilik akun Instagram @fan1388 sebagai mentor bukan tanpa sebab, karena ia merupakan ahli dalam membuat karakter bento yang lucu dan menarik.

Bertempat di Star Dim Sum, Mitra Terrace, Jakarta, acara KUPAS Endeus dimulai pukul 8:30 pagi. Tetapi antusias peserta sudah terasa sejak pagi-pagi sekali, terlihat venue acara sudah mulai dipadati oleh peserta sejak pukul 8 pagi.

Mengapa mengambil tema “bekal sehat untuk yang tersayang?” Karena di bulan Februari ini adalah bulan kasih sayang. Meski identik dengan kasih sayang dengan pasangan, Endeus ingin melihatnya dari sisi yang berbeda. “Kami ingin melihat dari angle yang berbeda, yaitu kasih sayang antara orang tua dengan si kecil. Makanya kami membuat tema seperti ini,” ujar Lucky Kristianto, Marketing & Activation Supervisor Endeus.TV.

Dengan menyiapkan bekal yang lucu seperti karakter bento, anak-anak akan suka untuk makannya, sehingga hilang satu kekhawatiran orang tua akan kebersihan makanan yang dikonsumsi oleh si buah hati.

Kali ini Alfani mengajarkan bagaimana membuat bento dengan karakter beruang kecil yang lucu. Dibantu dengan chef dari Endeus, ibu dua anak ini menggunakan nasi putih dan nasi cokelat, telur dadar, sosis, selada, dan bahan lainnya dalam membuat bekal sehat untuk si kecil.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/08/162f92ca-fff0-416b-b63c-416f0a33c83e.jpg
Alfani (@fan1388) Bento Dekorator

Dijelaskan oleh Alfani yang sudah 12 tahun menjadi seorang bento dekorator, bento sendiri artinya adalah lunch box dalam bahasa Jepang. “Yang pasti bento itu adalah sebuah makanan yang ditempatkan di dalam sebuah kontainer dan biasanya tidak dimakan langsung.”

Karena tidak dimakan langsung jadi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan bento. Seperti misalnya bahan-bahan yang digunakan harus bisa tahan lama agar masih enak dimakan.

Berbicara mengenai keahlian dari Alfani yang juga berprofesi sebagai ibu rumah tangga, karakter bento adalah salah satu jenis dari bento. Disebut juga dengan istilah Kyaraben dalam bahasa Jepang. Kyara sendiri memiliki arti karakter dan ben adalah bento. “Seperti yang kita buat kali ini disebut kyaraben.”

Sayangnya ada beberapa kuliner khas Indonesia yang tidak cocok ketika dijadikan bento. Seperti makanan yang berkuah sulit untuk dijadikan bento. Karena pada dasarnya bento adalah makanan yang dimakan dingin, dan tetap harus fresh selama 2-3 jam. Dijelaskan juga bahan terbaik untuk dijadikan bento adalah bahan-bahan yang ada di dalam kulkas di rumah.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/08/92644d82-8681-4971-a41b-e464ae364551.jpg
Kyaraben

Menyiapkan bahan makanan untuk bento yang paling utama adalah apa yang disuka oleh si anak atau siapapun yang akan memakannya. Juga makanan yang tidak cepat basi dan juga tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Gorengan itu yang paling aman untuk dijadikan bahan bento. Kita juga bisa memanfaatkan sekat-sekat yang ada pada kontainer, jadi bisa memisahkan makanan yang kering dengan yang basah.

Pro tip: Menata makanan di kontainer jangan dalam keadaan panas karena bisa cepat basi ketika ditutup.

Meski bento identik dengan anak-anak, bukan berarati orang dewasa tidak bisa menikmati bento. “Karena sekarang ini zamannya orang ingin yang instan jadi cenderung beli makan di luar yang belum tentu sehat,” sambungnya.

Ada yang berbeda dalam KUPAS Endeus kali ini. Para peserta diminta untuk membawa anak. Karena temanya adalah bekal untuk tersayang, jadi Endeus ingin para peserta membuat karakter bento bersama si anak. Tim Endeus juga sudah menyiapkan dua apron yang berbeda ukuran untuk peserta dan si kecil. Jadi bukan hanya orang tuanya saja yang sibuk membuat bento, tetapi si kecil juga ikut berkreasi membuat karakter bento bersama.

Hal ini disambut baik oleh para peserta. Karena kebanyakan peserta yang sudah berkeluarga agak sulit untuk meninggalkan anak mereka di rumah. Tapi berbeda dengan KUPAS Endeus kali ini.

https://kurio-img.kurioapps.com/19/05/08/2d8d8870-7a2d-4f03-9486-cd096fe35c8f.jpg
Wardah Fajri (Founder Bloggercrony Community)

Dijelaskan oleh Wardah Fajri, Founder Bloggercrony Community, kalau peserta justru senang karena mereka bisa melibatkan anak mereka di acara ini. “Jarang banget ada acara yang bisa membawa keluarga. Terima kasih juga sudah membuat acara ini seperti family time untuk kita,” ujarnya.

Selain itu di KUPAS Endeus ini juga ada hal yang menarik, karena di hari yang sama komunitas Bloggercrony berulang tahun yang keempat. “Ini seperti ajang kopdar (kopi darat - red) bagi teman-teman komunitas. Karena selama ini kita (ketemunya) online melulu, jadi acara seperti ini seneng banget mereka bisa belajar dan kumpul-kumpul,” tambah wanita yang akrab disapa wawa ini.

Acara ditutup dengan potong kue dan foto bersama oleh semua peserta.

Ke depannya Endeus akan mengadakan kumpul bareng komunitas-komunitas dengan tema dan tempat yang berbeda. Pantau terus tagar #KUPASEndeus dan nantikan acara seru bareng komunitas selanjutnya! Untuk kamu yang memiliki komunitas dan ingin ikut berpartisipasi dalam acara KUPAS Endeus, kamu bisa mendaftarkan komunitasmu di bit.ly/daftarkupas . Siapa tahu, komunitasmu nanti akan diajak untuk ikut meramaikan event KUPAS Endeus berikutnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.