Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kuah yang kental dengan rasa yang kaya rempah tentu membuat semur selalu menjadi favorit. Namun, memasak semur ternyata membutuhkan ketelitian.

Sudah kepikiran ingin masak apa hari ini? apakah ENDEUSiast sedang ingin mengolah daging yang baru saja dibeli? Salah satu hidangan yang bisa disajikan adalah semur daging. Kaldu sapi yang diberi bumbu rempah dengan daging yang empuk tentu membuat hidangan yang satu ini menjadi idola.

Banyak sekali variasi semur daging sapi yang wajib dicoba. Banyak yang ingin mencoba berkreasi memasak semur daging sendiri, namun ternyata memasak semur daging tidaklah mudah lo. Tak jarang banyak sekali kesalahan yang terjadi saat memasak semur. Apa saja?

1/ Memilih jenis daging yang salah

Pembuatan semur membutuhkan waktu yang agak lama dengan api kecil agar bumbu dapat meresap ke dalam daging. Jika begini, gunakan daging sapi bagian paha depan yang memiliki kandungan lemak cukup banyak, sehingga walaupun dimasak dalam waktu lama ia akan tetap empuk. Selain itu lemak dagingnya akan mencair dan memberikan rasa gurih pada semur.

Namun, jika terburu-buru dan ingin memasak semur dalam waktu singkat gunakan tenderloin (daging khas dalam). Untuk membuat daging empuk, anda bisa menggunakan buah. Baca caranya di sini

2/ Potongan daging yang terlalu tipis

Potongan daging yang terlalu tipis akan membuat daging mudah mengering dan alot saat dicicipi. Sebaiknya potong daging berbentuk segi empat dengan ketebalan 2-3 cm untuk mendapatkan citarasa terbaik.

3/ Potongan daging langsung dimasak dalam kuah

Inilah kesalahan yang umum terjadi dimana biasanya daging akan langsung dimasukkan ke dalam kuah, sehingga dagingnya akan lebih sulit matang merata. Untuk menyiasatinya anda bisa menumis sebentar daging di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak

Rasa semur juga akan lebih kental dan gurih jika ENDEUSiast menumis bumbunya dahulu sebelum diolah menjadi semur.

4/ Proses memasak kurang lama

Daging idealnya memang dimasak dalam waktu yang cukup lama agar dagingnya empuk dan bumbu kuahnya meresap sempurna. Bahkan ada yang menyarankan untuk memasaknya hingga dua jam.

ENDEUSiast mungkin bisa mempersingkat waktu memasaknya dengan memilih jenis daging yang empuk seperti tenderloin. Namun, jika waktu masaknya kurang lama bumbunya pun tidak akan meresap sempurna.

5/ Sayuran dan pelengkap yang terlalu cepat dimasukkan

Dibandingkan daging, sayur membutuhkan waktu masak yang jauh lebih singkat. Karena itulahs aat memasak semur daging sapi sebaiknya sayuran dan pelengkap seperti wortel, kentang, dan sayuran lainnya dimasukkan setelah daging benar-benar masak agar tidak lembek nantinya.

6/ Menggunakan air biasa

Akan lebih nikmat jika memasak semur menggunakan air kaldu. Memang dibutuhkan waktu yang lebih lama, karena ENDEUSiast harus membuat kuah semurnya dahulu, namun percayalah rasanya akan sebanding dengan usaha yang dikerahkan

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.