Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Membuat telur orak-arik praktis sehingga sering disepelekan. Tanpa menyadari beberapa kesalahan dalam membuatnya sehingga hasil kurang maksimal

Telur orak arik atau yang dikenal dengan scrambled egg merupakan menu praktis sehingga banyak disantap untuk sarapan. Telur orak arik yang sempurna adalah yang memiliki tekstur yang creamy, empuk dan lezat. Tidak hanya dimakan menggunakan nasi saja, telur orak-arik bisa dipadukan dengan bahan makanan yang lain misalnya roti dan keju. ENDEUSiast bisa membuat scrambled egg cheesy roti sandwich panggang dengan tambahan telur orak-arik.

Membuat telur orak-arik memang praktis dan bisa dikategorikan mudah. Namun jangan sekali-kali ENDEUSiast menyepelekan cara membuat telur orak-arik. Secara tidak sadar mungkin ENDEUSiast sering melakukan beberapa kesalahan dalam membuat sajian telur orak-arik sehingga teksturnya tidak creamy, berminyak dan tidak sehat. Akan tetapi jangan khawatir, berikut ini merupakan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat memasak telur orak-arik yang patut ENDEUSiast tahu.

1/ Memakai wajan yang mudah lengket

Alat memasak merupakan benda yang penting saat memasak. Sebaiknya untuk memasak suatu jenis makanan harus mengetahui terlebih dahulu apakah alat tersebut cocok digunakan atau tidak karena alat memasak juga dapat mempengaruhi hasil masakan ENDEUSiast. Wajan berbahan aluminium rentan dengan telur lengket, sehingga membutuhkan minyak lebih banyak dibandingkan wajan anti lengket. Sementara memasak telur orak-arik membutuhkan minyak sedikit agar mendapat konsistensi creamy yang sempurna.Sebaiknya ENDEUSiast menggunakan penggorengan anti lengket.

2/ Memasak menggunakan api kompor kecil

Besar kecilnya api yang digunakan dalam memasak dapat mempengaruhi hasil masakan. Beberapa orang terkadang menggunakan api kecil supaya tidak hangus. Untuk memasak telur orak-arik sebaiknya ENDEUSiast api sedang agar mudah mengontrol konsistensi telur. Sebaiknya ENDEUSiast selalu mengontrol besar kecilnya api supaya panas merata dan telur yang dihasilkan tidak gosong.

3/ Memecahkan telur langsung di panci penggorengan

Membuat telur orak-arik sangatlah tricky . Telur jangan langsung dipecahkan di penggorengan, kecuali jika ENDEUSiast sudah ahli memasak hidangan ini. Sebaiknya telur dipecahkan pada wadah tertentu lalu dikocok. Hal tersebut dapat membuat telur lebih lembut dan warnanya merata.

4/ Tidak mengaduk telur dalam wajan

Beberapa orang mungkin tidak mengaduk telur di dalam wajan karena beranggapan bahwa telur sudah diaduk sebelum dimasukan ke dalam wajan. Sebaiknya ENDEUSiast tetap mengaduk telur ketika sudah berada di wajan supaya telur matang merata. Jika ENDEUSiast tidak mengaduk tekstur orak-arik maka pada bagian bawah telur akan mengeras bahan dapat berubah warna menjadi kecoklatan atau hitam.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.