Cara membaut nastar yang benar akan menghasilkan kue yang lembut dan lumer di mulut. Hindari kesalahan-kesalahan ini agar nastar-mu sempurna.

Kue kering ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nastar sering muncul saat momen Hari Raya Idul Fitri. Kue ini seolah-olah wajib dihidangkan di setiap rumah. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut membuat kue ini digemari banyak orang.

Apakah ENDEUSiast berencana membuat nastar sendiri untuk sajian hari raya nanti? Jika iya, ENDEUSiast perlu menghindari beberapa kelasalah agar nastar buatanmu lezat dan tidak pecah.

1/ Mengocok Adonan Terlalu Lama

Mengocok adonan kue nastar cukup empat menit saja. Gesekan antara mixer dan adonan yang terlalu lama akan membuat butter di dasar adonan cepat meleleh. ENDEUSiast harus gunakan butter yang beku agar tidak mudah meleleh. Selian itu, kurangi kontak tangan dengan adonan ya. Sebaiknya ENDEUSiast menggunakan gloves.

2/ Tidak Mendinginkan Adonan

ENDEUSiast sebaiknya memasukan adonan ke dalam lemari pendingin sebelum adonan dipulung. Agar butter tidak meleleh, adonan harus dipulung dalam keadaan beku. Butter yang meleleh akan membuat adonan mengembang.

3/ Adoanan Dipulung Terlalu Lama

Jika adonan dipulung terlalu lama, kemungkinan butter di dalam adonan meleleh lebih besar. ENDEUSiast tentu tidak mau hal ini terjadi dan kue nastarmu jadi mengembang bukan? Ciri butter meleleh adalah adanya minyak di tanganmu saat proses memulung.

4/ Tidak Membuat Selai Nanas Sendiri

ENDEUSiast mungkin lebih suka membeli selai nanas kemasan karena lebih praktis. Akan tetapi, selai nanas kemasan cenderung terlalu manis dan lebih cari. Sementara itu, nastar memerlukan selai nanas yang tidak terlalu manis dan padat. Ketika membuat kue nastar, lebih baik ENDEUSiast membuat selai nanasmu sendiri agar ENDEUSiast tahu takarannya. ENDEUSiast bisa mengikuti resepnya di sini .

5/ Ukuran Nanas yang Berbeda-Beda

Hindari membuat nastar dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan ukuran yang berbeda, saat dipanggang nastar akan memiliki kematangan yang berbeda-beda. Hal ini karena nastar yang ukurannya lebih kecil akan lebih cepat matang. ENDEUSiast harus membuat nastar dengan ukuran yang sama agar kematangan kue nastar pun sama. Ukuran ideal nastar adalah berdiameter 2 cm.

6/ Mengoles Telur Terlalu Banyak

Ketiika adonana sudah siap dimasukkan ke dalam oven, jangan langsung mengoleskan telur ke seluruh permukaan nastar. Hal ini akan membuat nastar terlihat pucat dan tidak matang sempurna. ENDEUSTiast perlu melakukan pengolesan telur beberapa kali agar permukaan nastar mengkilap. Pertama, oleskan sedikit telur di atas adonan sebelum dimasukkan ke dalam oven. Panggang hingga setengah matang. Selanjutkan oleskan lagi telur di atas permukaan kue dan panggang lagi hingga matang. ENDEUSiast bisa menambahkan madu pada telur agar penampilan nastar lebih menari. Selain itu, ENDEUSiast bisa menambahkan keju saat proses pengolesan yang kedua.

Nah itu tadi beberapa kesalahan dalam membuat nastar yang perlu dihindari. Membuat nastar dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas akan membuat nastarmu endeus! Oiya, selain menggunakan selain nanas, ENDEUSiast bisa menggunakan bahan-bahan lain agar rasa nastar buatanmu bervariasi. Selamat memasak!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.