Pahami penyebab dan cara mengatasinya

"

Daging ikan, terutama ikan air tawar atau ikan sungai, kerap kali memiliki aroma lumpur yang mengganggu selera saat bersantap. Aroma tak sedap ini umum dijumpai pada jenis ikan mas, ikan lele, ikan nila, ikan gurami, dan ikan bandeng.

Kesegaran ikan ketika diolah tidak menjadi jaminan hilangnya aroma tak sedap tersebut. Bau lumpur terjadi karena proses ikan mencari makan di dasar sungai atau kolam. Hal ini menyebabkan ikan secara tak langsung mengkonsumsi organisme yang memiliki aroma seperti lumpur. Organisme ini kemudian terserap pada tubuh ikan dan melekat hingga akhirnya ikan diolah.

Tapi jangan cemas dulu. Setiap masalah pasti ada solusinya, bukan? Nah, untuk permasalahan ikan bau lumpur, ini cara yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Pelihara Ikan Dalam Air Jernih

Ada baiknya Anda membeli ikan air tawar dalam keadaan hidup. Pelihara ikan selama 1 – 2 hari dalam kolam berisikan air jernih. Cara ini mampu membersihkan insang, sisik, dan daging ikan dari aroma lumpur. Beberapa restoran masih menggunakan cara serupa untuk pilihan ikan tawarnya demi menjaga kualitas rasa.

Pelihara ikan dulu baru dimasak? Lama banget! Tak mau repot? Pilih dengan cermat tempat berbelanja ikan air tawar Anda. Beberapa pedagang terkadang sudah menyimpan ikan dagangannya dalam air jernih. Jadi saat dibeli dan diolah, ikan bebas bau lumpur.

2. Lumuri Dengan Garam

Bumbu dapur yang selalu siap sedia ini memiliki sifat untuk mengikat aroma. Cukup bersihkan rongga perut ikan dan taburkan garam di dalamnya. Simpan ikan selama ± 1 jam dalam kulkas, kemudian cuci rongga perut ikan hingga bersih. Hasil yang didapat akan lebih baik jika ikan didiamkan selama semalaman.

3. Lumuri Dengan Cuka

Selain garam, cuka juga bisa membantu menghilangkan aroma lumpur pada ikan. Bersihkan ikan terlebih dahulu, kemudian balurkan sedikit cuka pada permukaan ikan hingga rongga perutnya. Diamkan ± 15 – 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Lumuri Dengan Air Jeruk

Sebelum ikan diolah, bersihkan ikan mulai dari insang hingga rongga perut di bawah air mengalir. Setelahnya berikan beberapa sendok makan air perasan jeruk nipis, lemon, atau limau. Diamkan selama ± 15 – 30 menit dan ikan siap untuk diolah.

5. Rendam Dengan Susu

Selain mampu menghilangkan aroma lumpur, merendam ikan dengan susu cair juga membuat daging ikan lebih lembut dan juicy. Cukup rendam ikan selama ± 1 jam dan olah sesuai selera.

6. Gunakan Rempah

Nah, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengolah ikan dengan rempah-rempah beraroma kuat. Contohnya, jahe, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, kencur, kunyit, ketumbar, dan kecombrang.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.