Banyak Jenis Kentang Di Pasaran, Ingin Tahu Apa Saja? Baca Infonya Disini.

"

Di Indonesia, kentang selain diolah menjadi lauk, kini sudah mulai dikonsumsi menjadi pengganti karbohidrat. Selain mengenyangkan, kentang memiliki rasa manis dan gurih yang khas. Kentang goreng misalnya, hanya dengan taburan garam saja sudah memiliki rasa gurih yang lezat.

Letak geografis dan kondisi iklim tempat kentang tumbuh melahirkan varian-varian baru yang kadang-kadang berbeda dari jenis awalnya. Berikut beberapa jenis kentang yang terdapat di pasaran.

1/Berdasarkan warna kulit

Terdapat 3 jenis kentang dengan warna yang berbeda, yaitu:

Kentang kuning , warna kulit kuning dengan daging umbi berwarna kuning, rasanya gurih dan tidak mengandung banyak air. Kentang kuning cocok diolah menjadi kentang goreng.

By Kentang Kuning

Kentang putih , warna kulit putih dengan daging umbi berwarna putih, rasanya sedikit hambar dan mengandung banyak air. Kentang putih cocok diolah menjadi masakan berkuah seperti sop, kari atau gulai.

By Kentang Putih

Kentang merah , warna kulit merah/pink dengan daging umbi berwarna kuning. Rasanya cukup gurih dan mengandung cukup banyak air. Kentang merah cocok diolah dengan cara direbus ataupun untuk campuran salad.

By Kentang Merah

2/Berdasarkan bentuk umbi

Kentang yang banyak beredar di pasar Indonesia adalah jenis Granola dan Tes.

Kentang Granola adalah kentang dengan kandungan pati rendah (16% - 18%) dan kandungan air tinggi (80%). Bentuknya bulat lonjong dengan umbi berwarna kuning dan berukuran tidak terlalu besar. Kulit kentang granola lebih halus, dengan ‘mata’ atau bintik kentang yang terlihat jelas dan dalam. Karena teksturnya berair, kentang ini cocok diolah menjadi kentang rebus, sup, gulai, dan perkedel.

By Kentang Granola

Kentang Tes adalah kentang dengan kandungan pati lebih tinggi (20% - 22%) dan kandungan air lebih rendah. Bentuknya bulat dengan warna umbi sedikit lebih pucat, ukurannya ada yang besar dan ada yang kecil. kulit kentang tes agak kasar dan ‘mata’ nya tidak terlalu jelas terlihat. Karena kandungan patinya tinggi, kentang ini cocok diolah menjadi mashed potato, digoreng, dipanggang, ataupun dibuat keripik. Jika Anda menggoreng kentang (french fries) dan hasilnya layu, mungkin Anda salah memilih jenis kentang.

By Kentang Tes

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.