Kenali Potongan Ayam dan Teknik Paling Endeus untuk Memasaknya
Kenali Potongan Ayam dan Teknik Paling Endeus untuk Memasaknya

Kenali yuk tiap bagian dari ayam dan cara terbaik mengolahnya supaya ENDEUSiast bisa memaksimalkan rasa masakan.

Sering makan ayam? Kenali yuk tiap bagian dari ayam dan cara terbaik mengolahnya supaya ENDEUSiast bisa memaksimalkan rasa masakan.

Ketika membeli atau memotong ayam, bagian mana yang paling ENDEUSiast suka? Dada, paha, atau mungkin sayap?

Ya, ayam sebelum diolah biasanya dipotong terlebih dahulu, biasanya bagian paha bawah, sayap, paha atas, dan dada, namun ada pula beberapa yang menggunakan ayam utuh untuk acara khusus. Tiap bagian ayam memiliki ketebalan daging dan lemak serta kulit yang berbeda sehingga ada teknik masak yang tepat untuk memaksimalkan bahan tersebut.

1/ Utuh

Satu ayam utuh bisa digunakan untuk santapan beramai-ramai. Ayam bisa dipanggang dengan menggunakan oven atau alat grill barbeque. Untuk menambahkan rasa dan gizinya, ENDEUSiast bisa menambahkan sayur, perasan lemon, atau bumbu lain dalam ayam tersebut.

Sebagai alternatif, ENDEUSiast bisa menggepuknya hingga daging datar. Cara ini akan lebih baik untuk barbeque dengan ayam utuh, tutupi pangganggan agar panas merata di seluruh bagian.

2/ Dada dan Tenderloin

Dada ayam adalah daging yang paling serbaguna. Dagingnya putih dengan sedikit lemak dan jadi potongan yang sempurna untuk diiris dalam tumisan dengan bahan isian favoritmu. Dada ayam juga bisa dipanggang atau direbus dan digunakan dalam salad, sandwich atau dimasukkan ke dalam sup.

Tenderloins juga merupakan pilihan yang baik. Bagian ini sedikit lebih lembut daripada seluruh dada dan bisa digunakan dengan cara masak dipanggang, disteak, dan campuran dalam salad.

Di toko, ada bagian fillet dada ayam tanpa kulit, dengan tenderloin yang sepasang dengannya.

3/ Paha Atas

Paha a yam dapat dibeli sebagai fillet paha dengan kulit dan tulang yang dihilangkan, atau potongan utuh daging paha, dengan tulang dan kulit masih melekat. Daging paha ayam berwarna coklat dan memiliki sedikit lebih banyak lemak daripada dada, tetapi juga lebih banyak rasa.

Fillet paha besar diiris atau dicincang di tumis atau digunakan dalam berbagai potongan kue dan roti.

4/ Paha Bawah dan Sayap

Sayap ayam dan paha bawah biasanya merupakan potongan ayam yang lebih murah. Mereka bagus dipanggang dengan saus bumbu dan dimakan dengan tangan langsung. Bagian ini juga yang sering dijadikan ikon di restauran ayam.

Jika ENDEUSiast bertanya di mana bagian kepala, cakar, dan lainnya, maka yang paling sering bagian ini dibentuk jadi gilingan. Bagian yang jarang digunakan, biasanya akan dihancurkan dan tersedia dalam bentuk potongan kecil kecil atau bentuk gilingan. Nah, bagian ini akan cocok untuk diolah sebagai rissoles, burger, bakso, dan sebagainya.

Inilah teknik memasak ayam yang cocok untuk tiap potongannya. Nah, ENDEUSiast bisa mencoba beragam resep yang tersedia di endeus.tv nih sekarang!

Endeustorial

Ikuti Instagram