Dalam memasak, panci menjadi alat utama yang selalu dibutuhkan. Tapi apakah anda sudah menggunakan panci yang benar sesuai kegunaannya?

Panci memiliki banyak varian dalam bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan memasak. Tentunya dengan memilih panci yang tepat untuk memasak, waktu dan tenaga yang dibutuhkan menjadi lebih efisien dan efektif. Namun, banyak orang belum mengetahui guna masing-masing panci dan menggunakannya secara sembarangan. Apakah anda salah satunya?

Kenalilah jenis panci beserta kegunaan berikut yang dapat membuat masakan anda lebih lezat.

1/ Panci Penggorengan dan Skillet

Panci penggorengan ( fry pan ) dan skillet adalah yang paling sering digunakan. Keduanya sama-sama didesain dengan dasar rata dan berbentuk bulat agar minyak lebih cepat panas dalam waktu singkat. Cepatnya waktu masak juga menyebabkan panci ini tidak diberikan penutup. Perbedaan keduanya terletak dari bahan, untuk fry pan menggunakan alumunium, sedangkan skillet menggunakan besi.

2/ Wok

Wok berbentuk tinggi dengan sisi curam ke bawah dan terbuat dari besi jenis karbon. Panci ini paling cocok untuk menumis hingga menggoreng dengan minyak banyak ( deep fry ).

3/ Panci Panggang ( Grill Pan )

Grill pan berbentuk mirip raket dengan ujung lebar dan permukaan yang rata. Untuk menggunakannya, cukup pakai sedikit minyak karena ia tidak bisa menampung banyak cairan.

Bentuknya ada yang bulat dan persegi dengan pegangan panjang. Terkadang, jenis panci grill pan memiliki motif yang membuat guratan cantik pada daging atau steak di akhir panggangan.

4/ Panci Saus

Bentuknya bundar dan tinggi dengan bagian sisi yang rata sehingga memiliki fungsi yang cukup banyak selain memasak saus, misalnya sup, merebus mie, atau telur. Panci ini juga sudah dilengkapi penutup yang mengontrol penguapan.

5/ Stock Pot

Stock pot atau panci kaldu memang sering digunakan untuk memasak kaldu atau sejenis bahan cair lain yang membutuhkan waktu lama. Bentuknya besar, dalam, tinggi, dan berdasar rata, menjadikan stock pot juga dipakai untuk merebus pasta yang tinggi-tegak.

Panci ini terdiri dari banyak ukuran, makanya anda tidak perlu menggunakan stock pot raksasa bila hanya memasak untuk keluarga atau diri sendiri.

6/ Panci Tumis Sayuran ( Sauté )

Serupa dengan fry pan namun tak sama. Panci ini dilengkapi penutup karena biasa digunakan memasak makanan yang harus diaduk dengan cepat. Bentuknya berdasar rata tetapi sisinya datar dan lebih dalam dibanding fry pan , serta ada cekungan agar minyak tak menyiprat. Selain menumis, Sauté juga bisa digunakan untuk menggoreng dan membakar daging.

7/ Panci Braiser

Jenis ini jarang ditemukan di dapur orang Asia. Ukurannya besar dengan dasar yang rata dan berpenutup. Ia bisa dimasukkan dalam oven untuk dipanggang lebih lanjut dan langsung digunakan untuk menghidangkan agar panas tidak ke mana-mana.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.