Es segar bernama Bingsu sering dinikmati saat musim panas di Korea

Bingsu adalah minuman segar yang terbuat dari es serut dan berbagai macam topping . Santapan ini begitu populer berasal dari Korea. Tidak hanya di negara asalnya, bingsu juga populer di Indonesia. Banyak restoran di Indonesia yang menawarkan bingsu sebagai pilihan dessert.

Jika ENDEUSiast pergi ke Korea saat musim panas, ENDEUSiast akan menemukan berbagai macam jenis Bingsu. Hal ini adalah inovasi dari penjual Bingsu untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional.

Tapi, ENDEUSiast tahu nggak sih sejarah dan jenis-jenis sajian yang nikmat nan segar ini? Simak uraian di bawah ini ya.

Sejarah Bingsu

Sebelum tahu jenis-jenis Bingsu, ada baiknya kita mengenal sejarah sajian segar ini ya.

Bingsu pertama kali dihidangkan saat Dinasti Joseon sekitar tahun 1392 hingga 1910an. Awalnya, Bingsu berisi es batu yang diserut, kacang merak, tteok, dan bubuk kacang. Kata Bingsu dalam bahasa Korea memiliki arti es serut. Jadi, Bingsu ini awalnya adalah makanan untuk para ningrat di Korea.

Makan pencuci mulut ini kemudian dikembangkan saat Jepang menjajah Korea pada tahun 1910 hingga 1945. Saat ini, bingsu sudah memiliki banyak topping seperti whipped cream , sereal, ice cream , buah, dan sirup.

Berbagai Macam Bingsu

Setelah tahu sedikit sejara Bingsu, mari kita mengenal berbagai jenis Bingsu di Korea.

1/ Patbingsu

Patbingsu adalah bentuk awal Bingsu yang sangat sederhana. Isinya berupa es serut, kacang merah, gula, dan susu kental manis. Dessert ini menjadi sumber gizi orang Korea karena mengandung kacang merah yang kaya manfaat.

2/ Gwail Bingsu

Bingsu yang satu ini mirip sup buah di Indonesia karena di dalamnya terdapat berbagai macam buah-buahan. Semangka, apel, strawberry, kiwi, dan buah naga biasa menjadi isian Gwail Bingsu. Selanjutnya, Bingsu ini ditambah gula, susu, dan coklat cair. Belum sampai di sini, dessert Gwail Bingsu lebih nikmat karena terdapat satu scoop ice cream di atasnya.

3/ Coffee Bingsu

Buat ENDEUSiast yang suka kopi, pasti akan menyukai jenis Bingsu yang satu ini. Dinginnya es serut dicampur dengan rasa kopi yang nikmat tentu sulit untuk ditolak, ya. Sama seperti Gwail Bingsu, Coffee Bingsu juga disajikan dengan es krim di atasnya. Selain itu, ada tambahan berupa whipped cream yang lembut.

4/ Nokcha Bingsu

Nokcha Bingsu adalah pilihan yang tepat buat ENDEUSiast pecinta green tea. Selain es serut dengan rasa green tea, Nokcha Bingsu juga memiliki topping rasa green tea yang sangat lezat. Sama seperti Coffee Bingsu, Nokcha Bingsu juga disajikan dengan whipped cream. Selain itu, ada juga taburan kacang mete yang memperkaya rasa juga tekstur Bingsu yang satu ini.

5/ Kakao Bingsu

Menu ini terbilang baru di Korea. Inovasi ini dibuat untuk memenuhi pasar yang sangat suka dengan rasa cokelat. Bingsu yang satu ini penuh dengan rasa cokelat yang endeus. Mulai dari es krim cokelat, coklat cair, hingga potongan cokelat bisa ENDEUSiast temukan dalam semangkuk Kakao Bingsu.

Dari 5 jenis Bingsu di atas, mana nih yang paling ingin ENDEUSiast coba? Selain Bingsu, ENDEUSiast juga harus coba makanan khas Korea lainnya seperti Gimbap dan Tteobokki .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.