Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Nasi goreng bumbu suna cekuh menjadi salah satu kuliner khas Bali yang menjadi incaran para wisatawan.

Kuliner yang bernama nasi goreng sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Kelezatan dari nasi goreng memang membuat siapa pun ketagihan. Bahkan para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia mengaku banyak yang menyukai rasa dari nasi goreng. Hal tersebut karena penggunaan bumbu dengan aneka rempah yang memberikan cita rasa khas pada nasi goreng.

Begitu juga pada salah satu kuliner khas Bali yaitu Nasi Goreng Bumbu Suna Cekuh. Menggunakan bumbu khas Bali, ENDEUSiast tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipinya. Sesuai dengan namanya, nasi goreng tersebut dibuat dari bumbu yaitu base suna cekuh . Bumbu ini terdiri dari 2 bahan utama yaitu suna yang artinya bawang putih dan cekuh yang merupakan istilah Bali artinya adalah kencur. Tidak lupa untuk menambahkan bumbu pelengkap seperti bawang merah, kunyit dan garam dengan takaran yang disesuaikan.

Nasi goreng bumbu suna cekuh menjadi pilihan tepat bagi ENDEUSiast yang mencari kuliner halal di Bali. ENDEUSiast tidak akan sulit menemukan hidangan ini karena di setiap warung makan pasti menyediakan menu tersebut. Sebenarnya, bumbu suna cekuh tidak hanya untuk nasi goreng saja, ada banyak masakan yang menggunakan jenis bumbu ini. Biasanya masyarakat lokal Bali akan membuat bumbu suna cekuh dengan porsi besar sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama bisa sampai berbulan-bulan, asalkan disimpan dengan cara yang tepat. Proses pengawetannya pun tidak menggunakan bahan pengawet yang berbahaya sehingga tentunya aman untuk dikonsumsi.

Cara membuat Nasi Goreng Bumbu Suna Cekuh tidak sulit. ENDEUSiast cukup menyiapkan semua bahan utama yang diperlukan, lalu diulek hingga halus, kemudian ditumis dengan menggunakan minyak kelapa. Jika sudah muncul aroma harum pada tumisan bumbu tersebut barulah masukkan daun salam. Jika dirasa semua bahan sudah masuk, maka selanjutnya memasukkan nasi putih yang hendak digoreng. Aduk semuanya hingga bumbu tercampur rata dengan nasi.

Ciri-ciri dari nasi yang sudah matang adalah warnanya yang berubah menjadi kuning. Untuk tambahan lauk, ENDEUSiast bisa menyertakan telur, kerupuk bawang, daging ayam atau kacang mentik. ENDEUSiast juga bisa memilih sendiri lauknya sesuai dengan selera.

Tampilan Nasi Goreng Bumbu Suna Cekuh memang berbeda dengan nasi goreng pada umumnya karena tidak menggunakan kecap maupun saus tomat. Hal ini membuat Nasi Goreng Bumbu Suna Cekuh berwarna kuning. Walaupun dibuat dengan bumbu sederhana tetapi untuk soal rasa dijamin dapat membuat ENDEUSiast ketagihan dalam sekali suapan.

Apakah ENDEUSiast tertarik untuk mencicipi nasi goreng dengan bumbu khas Bali ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya