Sendok adalah salah satu alat makan yang penting digunakan. Namun siapa sangka jika sendok punya kegunaan lain, selain untuk makan.

Sendok selama ini dikenal sebagai alat makan. Sendok umumnya digunakan untuk mengambil makanan dari piring atau mangkok untuk kemudian dimasukkan ke dalam mulut. Tentu saja sendok memiliki peranan penting, terutama untuk makan makanan berkuah. Akan tetapi rupanya sendok juga punya kegunaan lain lho. Berikut ini kegunaan sendok, selain untuk makan.

1/ Mengukur Takaran

Sendok bisa digunakan untuk mengukur takaran, terutama untuk mengukur seberapa banyak bumbu atau bahan yang harus dimasukan dalam masakan. ENDEUSiast juga bisa menggunakan sendok untuk menakar bahan-bahan untuk membuat kue. Seperti misalnya 1 sendok makan tepung maizena setara dengan 12 gram tepung maizena, atau 1 sendok makan gula pasir setara dengan 20 gram gula pasir.

2/ Cetakan Coklat dan Kue

Siapa sangka jika coklat dan kue bisa dibentuk dengan menggunakan sendok? Ternyata bagian cekung pada sendok tidak hanya bisa digunakan untuk mengambil makanan, tapi juga bisa digunakan sebagai cetakan untuk membuat coklat dan kue. Bentuknya tentu sesuai dengan cekungan sendok, yaitu berbentuk oval.

3/ Membentuk Bakso

Selain untuk mencetak coklat dan kue, sendok juga bisa digunakan untuk membentuk bakso. Dengan dua buah sendok, adonan bakso bisa dibentuk menjadi bulat. Caranya juga mudah. ENDEUSiast tinggal mengambil adonan yang akan ENDEUSiast bentuk menjadi bakso dan dengan memanfaatkan bagian cekung dari kedua buah sendok, ENDEUSiast bisa membentuknya menjadi bulatan. Untuk membuat sendiri bakso di rumah, ENDEUSiast bisa cek tipsnya di sini .

4/ Mengempukkan Daging

Memasak daging memang memerlukan waktu lama. Namun ternyata sendok juga bisa digunakan untuk membantu mengempukkan daging. Bukan dengan cara memukulkan sendok pada daging ya. Caranya dengan memasukkan sendok berbahan tembaga atau stainless bersama daging yang akan dimasak.

Rupanya tembaga atau stainless yang menjadi bahan utama sendok dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga bisa membantu mengempukkan daging. Dengan adanya di dalam panci, pemanasan terjadi dalam dua arah, yaitu dari panci dan dari sendok. Hal ini dapat membantu mengempukkan daging lebih cepat. Intip juga cara mengempukkan daging lainnya di sini .

5/ Capit Makanan

Jika di rumahmu tidak ada capit makanan, ENDEUSiast bisa menggunakan sendok sebagai alternatifnya. Caranya mudah kok. Ambil dua buah sendok dan satukan keduanya. Atur posisi sendok dengan bagian cekung sendok saling membelakangi. Ambil karet dan ikat bagian bawah cekungan sendok dengan menggunakan karet. ENDEUSiast bisa menggunakan bagian pegangan sendok untuk menjepit makanan dan bagian cekungan sendok sebagai pegangan yang bisa ENDEUSiast atur untuk membuka atau menutup.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.