Pisau merupakan peralatan dapur yang memiliki peran krusial dalam kegiatan memasak. Teknik yang salah saat menggunakan pisau, bisa berakibat fatal!

Setuju kan jika kegiatan potong memotong akan terkendala bila tidak ada yang namanya pisau. Ya, alat dapur yang satu ini memang memiliki peranan penting dalam kegiatan memasak.

Semua kegiatan potong memotong pun akan menjadi mudah dan cepat. Maka dari itu ENDEUSiast perlu memperhatikan teknik memotong pisau yang benar, karena bila salah sedikit tentu tangan kita akan terluka. Bagi ENDEUSiast yang belum tau teknik memotong menggunakan pisau secara benar, maka simaklah kesalahan yang harus dihindari di bawah ini.

1/ Memegang dengan Semua Jari

Memegang pisau dengan menggunakan semua jari bukanlah teknik yang tepat. Kesalahan ini kerap terjadi bagi para pemula dan juga yang mempunyai jari pendek. Teknik memegang yang seperti mungkin akan terasa nyaman tetapi kendali terhadap pisau menjadi kurang stabil.

Maka teknik yang tepat adalah dengan mengapit mata pisau dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk sedangkan jari lainnya memegang gagang pisau. Pada awalnya ENDEUSiast akan merasa kurang nyaman, namun bila sudah sering memegang maka terbiasa dengan teknik ini.

2/ Meletakkan Jari Telunjuk di Atas Pisau

Teknik yang satu ini masih kerap ditiru terutama pada saat memotong bawang. Bawang hampir selalu dibutuhkan dalam bumbu masakan salah satunya adalah sup jagung telur .

Memotong bawang dengan teknik seperti itu cukup beresiko karena membuat pisau tidak stabil sehingga pada saat memotong akan meleset. Teknik tersebut juga akan membuat persendian lenganmu menjadi cepat pegal karena semua tekanan ada di sendi dan otot.

3/ Posisi Tangan

Pernah mengalami jari teriris atau terpotong pada saat memotong? Mungkin posisi tangan ENDEUSiast salah. Ketika ENDEUSiast memotong bumbu seperti bawang atau cabai, bentuk jari seakan hendak mencakar. Jadi pada saat memotong, dinding jari akan mengenai kuku bukan jari atau kulitmu sehingga tidak akan terjadi lagi yang namanya jari teriris maupun terpotong.

4/ Teknik Memotong Agar Hasil Presisi

Bila ENDEUSiast pernah melihat chef yang sedang memasak pasti tau bagaimana cara mereka memotong bahan dengan hasil yang presisi. Proses pemotongan yang seperti itu tidak hanya karena dari skill saja namun juga penguasaan teknik memotong yang benar. Untuk bisa mendapatkan hasil potongan yang presisi maka ENDEUSiast harus memotong dengan teknik menggelombang yaitu dari ujung pisau ke arah tengah.

Itulah beberapa kesalahan dalam teknik memotong menggunakan pisau. Kini ENDEUSiast sudah tau cara yang benar maka jangan lakukan teknik yang salah lagi karena dapat membahayakan jari tangan kita pada saat memotong. Harus lebih berhati-hati ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.